-, NI WAYAN JUNIASTITIANI (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS III SD INPRES 3 TONDO. Sarjana thesis, UNTAD.
Full text not available from this repository.Abstract
Ni wayan Juniastitiani (2019). Penerapan Model Pembelajaran Make A Match
Untuk Meningkatkaan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Kelas III Sd
Inpres 3 Tondo Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar,
Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Arif Firmansyah.
Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar
siswa kelas III SD Inpres 3 Tondo pada mata pelajaaran IPS. Salah satu faktor
yang menyebabkan hasil belajar siswa rendah yaitu masih banyak siswa yang
tidak fokus atau banyak bermain dalam mengikuti pelajaran karena siswa kelas III
merupakan siswa peralihan dari kelas II yang dimana siswa kelas rendah memang
masih banyak yang suka bermain. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa, maka
peneliti menerapkan model pembelajaran Make A Match dalam pembelajaran IPS
di kelas III SD Inpres 3 Tondo. Model pembelajaran Make A Match terdiri dari 5
fase pembelajaran yaitu: 1) Menyampaikan materi (eksplorasi), 2) Pembagian
Kelompok (elaborasi), 3) Pembagian kartu (eksplorasi), 4) Mencari pasangan
(eksplorasi), dan 5) Presentasi kelompok (Konfirmasi). Jenis penelitian ini
merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan sebanyak 2 siklus,
setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
pada penelitian ini yaitu 75 dan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 75%.
Tindakan aktivitas guru dan siswa dikatakan berhaasil jika beraada pada kategori
baik. Dari hasil penelitian siklus I diperoleh ketuntasan belajar secaara klasikal
sebesar 73,69% dan nilai rata-rata 76,05 serta hasil observasi kegiatan guru
berada dalam kategori cukup dan hasil observasi siswa masuk kategori kurang.
Sementara hasil penelitian siklus siklus II diperoleh ketuntasan klasikal sebesar
84,21% dengan nilai rata-rata 83,68 serta hasil observasi kegiatan guru berada
pada kategori sangat baik dan hasil observasi siswa berada pada kategori baik.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Make
A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Pelajaran IPS di kelas III
SD Ipres 3 Tondo.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Make A Match, Hasil Belajar, Pembelajaran
IPS.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | okky anugrah |
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 04:16 |
| Last Modified: | 13 Nov 2025 04:16 |
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151516 |
| Baca Full Text: | Baca Sekarang |

