PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN TONDO

-, NURMALINDA K. SASAKE (2019) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN TONDO. Sarjana thesis, UNTAD.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nurmalinda K. Sasake, 2018. Pengaruh Penerapan Strategi Contextual Teaching
and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Tondo.
Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing (I)
Huber Yaspin Tandi, Pembimbing (II) Ratman.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah penerapan
strategi pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) berpengaruh
terhadap hasil belajara IPA siswa kelas IV SDN Tondo? Tujuan penelitian ini
adalah untuk menentukan pengaruh penerapan strategi pembelajaran CTL
terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di SDN Tondo. Metode penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan
pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Tondo
yang bejumlah 28 orang, dengan 13 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan.
Analisis data yang digunakan adalah perhitungan statistik deskriptif dengan
menggunakan rumus treatment (t). Berdasarkan perhitungan statistik dengan
menggunakan uji-thitung diperoleh thitung>ttabel atau thitung sebesar 4,777 lebih besar
dari ttabel sebesar 2,052 (lihat ttabel) pada taraf signifikan 5%. Ini berarti Ho ditolak
dan Ha diterima. Artinya, ada pengaruh yang signifikan antara variabel X1 dengan
variabel X2 atau ada pengaruh penerapan strategi pembelajaran Contetextual
Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN
Tondo.
Kata Kunci: Pembelajaran CTL, dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
L Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: okky anugrah
Date Deposited: 13 Nov 2025 04:22
Last Modified: 13 Nov 2025 04:22
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151520
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item