-, ARNOL (2017) UPAYA MENGURANGI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK MELALUI LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING PADA SISWA (Studi Kasus Di Sma Negeri 6 Palu). Sarjana thesis, UNIVERSITAS TADULAKO.
Full text not available from this repository.Abstract
Arnol, 2017. Upaya Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik Melalui Layanan Konseling Kelompok Teknik Cognitive Restructuring Pada Siswa (Studi Kasus Di SMA Negeri 6 Palu). Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Abdul Munir (II) Ridwan Syahran
Kata Kunci : Perilaku prokrastinasi akademik, Layanan Konseling Kelompok Teknik Cognitive Restructuring
Tujuan penelitan ini adalah untuk mengurangi perilaku prokrastinasi akademik siswa dengan menggunakan layanan konseling kelompok teknik cognitive restructuring. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan (action research) bimbingan dan konseling dengan menggunakan model kemmis dan mc taggar. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, antara lain: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa yang memiliki masalah prokrastinasi akademik. Jenis tindakan yang dilakukan adalah layanan konseling kelompok teknik cognitive restructuring. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah dilaksanakan siklus I, presentase perilaku prokrastinasi akademik siswa berkurang sebesar 21,20 %. Sedangkan pada siklus II presentase perasaan rendah diri siswa berkurang sebesar 67,67 %. Hasil penelitian ini menunjukan tingkat keberhasilan dari pelaksanaan layanan konseling kelompok teknik cognitive restructuring pada siklus II yang diperbaiki berdasarkan hasil refleksi dari siklus I. jadi dapat disimpulkan bahwa perilaku prokrastinasi akademik siswa kelas XB SMA Negeri 6 Palu berkurang dengan menggunakan layanan konseling kelompok teknik cognitive restructuring.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling L Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
| Depositing User: | ranny ranny |
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 04:26 |
| Last Modified: | 13 Nov 2025 04:26 |
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151521 |
| Baca Full Text: | Baca Sekarang |

