-, AFUWAN SY. MATJA (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI METODE LATIHAN DI KELAS V SD NEGERI 1 LEMORO. Sarjana thesis, UNIVERSITAS TADULAKO.
Full text not available from this repository.Abstract
AFUWAN SY. MATJA, 2012 Peningkatan Kemampuan Siswa Menulis Karangan Deskripsi melalui Metode Latihan di Kelas V SD Negeri 1 Lemoro. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Sahrudin Barasandji, Pembimbing (II) Efendi
Kata Kunci : Kemampuan menulis, karangan deskripsi, metode latihan.
Masalah utama dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa di kelas V SD Negeri 1 Lemoro menulis karangan deskripsi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis karangan deskripsi dengan menggunakan metode latihan di kelas V SD Negeri 1 Lemoro. Model penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengacuh pada model yang dikemukakan oleh Kemmis dan Mc Taggart dalam bentuk siklus melalui empat tahap yakni (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi.
Penelitian ini dilaksnakan di kelas V SD Negeri 1 Lemoro yang berjumlah 18 orang siswa. Jenis data dalam penelitian ini ada dua macam, yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui hasil observasi, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil pembelajaran menulis karangan deskripsi melalui metode latihan.
Berdasarkan hasil peneilitian dan pembahasan mulai dari observasi sampai dengan pengolahan nilai rata-rata dan ketuntasan klasikal dengan menggunakan rumus-rumus yang telah ditetapkan, dapat disimpulkan bahwa melalui metode latihan dapat ditingkatkan kemampuan siswa menulis karangan deskripsi di kelas V SD Negeri 1 Lemoro. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan pencapaian nilai yang diperoleh siswa mulai dari siklus pertama sampai pada siklus kedua dengan perolehan hasil penilaian pada siklus pertama dengan nilai rata-rata siswa atau data serap klasikal 61,15% . dari 18 orang siswa hanya ada 7 orang yang di kategorikan tuntas ( 38,89% ) sedangkan yang belum tuntas ada 11 orang ( 61,11% ). Pada sikus 2 hasil yang diperoleh menunjukan peningkatan karena nilai rata-rata siswa mencapai 81,19%. Dari 18 orang siswa yang di kategorikan tuntas sebanyak 16 orang dengan persentase 88,89% sedangkan siswa yang belum tuntas hanya 2 orang dengan persentase 11,11%. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa dengan menggunakan metode latihan kemapuan siswa menulis karangan deskripsi di kelas V SD Negeri 1Lemoro melalui metode latihan dapat meningkat.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Megawati - |
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 04:27 |
| Last Modified: | 13 Nov 2025 04:27 |
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151522 |
| Baca Full Text: | Baca Sekarang |

