PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS VB SDN INPRES IV BIROBULI PALU

-, Lisnawaty Achmad (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS VB SDN INPRES IV BIROBULI PALU. Sarjana thesis, UNIVERSITAS TADULAKO.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Lisnawaty Achmad, 2012. Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas VB SDN Inpres IV Birobuli Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Tadulako. Pembimbing: (I) H. Muhammad Ali H., (II) Syamsu,

Kata Kunci: Quantum Teaching, Hasil Belajar IPA

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa SDN Inpres IV Birobuli Palu dengan menerapkan model pembelajaran quantum teaching di kelas VB yang berjumlah 34 orang. Sebelum dilakukan tindakan pembelajaran pada siklus I, dilakukan pratindakan yaitu pemberian tes awal pada siswa untuk mengetahui kemampuan awal siswa serta sebagai dasar untuk membentuk kelompok secara heterogen, kelompok belajar yang terbentuk sebanyak 6 kelompok. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, materi untuk siklus I yaitu sifat bahan dan hubungan kekuatan bahan dengan penyusunya, dan untuk siklus II yaitu perubahan sifat dan wujud bahan. Data yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari dua jenis yaitu, data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian pada siklus I didapatkan ketuntasan klasikal sebesar 70,59% dan daya serap klasikal 71,83%, aktivitas guru berada pada kategori baik yaitu dengan rata-rata persentase aktivitas guru 83,82% dan aktivitas siswa berada pada kategori baik yaitu dengan rata-rata persentase aktivitas siswa 86,21%. Pada siklus II ketuntasan belajar klasikal sebesar 91,18% dan daya serap klasikal sebesar 81,82%, aktivitas guru berada pada kategori sangat baik yaitu dengan rata-rata persentase aktivitas guru 92,65% dan aktivitas siswa berada pada kategori sangat baik yaitu dengan rata-rata persentase aktivitas siswa 89,66%. Berdasarkan indikator penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran quantum teaching dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas VB SDN Inpres IV Birobuli Palu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Megawati -
Date Deposited: 13 Nov 2025 04:37
Last Modified: 13 Nov 2025 04:37
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151528
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item