-, NURUL MUTMAINNAH (2017) HUBUNGAN KOMPETENSI SOSIAL GURU DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DI SDN 20 PALU PADA MATA PELAJARAN PKN. Sarjana thesis, Untad.
Full text not available from this repository.Abstract
Permasalahan pokok penelitian adalah kurangnya kompetensi sosial guru.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan yang positif
antara kompetensi sosial guru dengan hasil belajar siswa di SDN 20 Palu pada
mata pelajaran PKn. Pengumpulan datanya menggunakan teknik angket,
wawancara, dan dokumentasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini
berjumlah 36 siswa. Instrument yang digunakan dalam proses penelitian adalah
angket untuk memperoleh data tentang kompetensi sosial guru dengan hasil
belajar siswa. Analisis data penelitian dengan teknik persentase, sedangkan untuk
menguji hipotesis digunakan teknik korelasi product moment pada taraf
signifikasi 5% dengan taraf kepercayaan 95% dan df = (n-2). Berdasarkan hasil
pengolahan telah di peroleh 9 siswa atau 25% yang menyatakan kompetensi sosial
guru tinggi, dan 27 siswa atau 75% yang menyatakan kompetensi sosial guru
cukup. Sedangkan untuk hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn yaitu 17%
yang hasil belajar PKnnya mendapatkan kriteria baik sekali, 83,% siswa yang
hasil belajar PKn nya mendapat kriteria Baik. Pengujian hipotesis menunjukan
bahwa > r tabel atau 0,903>0,339. Berdasarkan hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi
sosial guru dengan hasil belajar siswa di SDN 20 Palu pada mata pelajaran PKn.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Anti Anti |
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 04:49 |
| Last Modified: | 13 Nov 2025 04:49 |
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151534 |
| Baca Full Text: | Baca Sekarang |

