PENGARUH METODE PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DASAR LUAS JAJARGENJANG SISWA DI KELAS IV SDN NO. 2 BIROMARU

-, ARUM MAULIDIYAH (2017) PENGARUH METODE PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DASAR LUAS JAJARGENJANG SISWA DI KELAS IV SDN NO. 2 BIROMARU. Sarjana thesis, UNIVERSITAS TADULAKO.

Full text not available from this repository.

Abstract

Arum Maulidiyah. 2016. Pengaruh Metode Penemuan Terbimbing terhadap
Peningkatan Pemahaman Konsep Dasar Luas Jajargenjang Siswa di Kelas IV
SDN No. 2 Biromaru. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar,
Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Tadulako, Pembimbing (1) Abdul Hamid (2) Akina.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat ada tidaknya pengaruh metode
penemuan terbimbing terhadap peningkatan pemahaman konsep dasar luas
jajargenjang siswa di kelas IV SDN No. 2 Biromaru, Kecamatan Sigi Biromaru,
Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah pada semester ganjil Tahun Ajaran
2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif yang dikerjakan
menggunakan rancangan True Eksperimental jenis Two Group Pretest and
Posttest Design. Dalam penyelenggaraan rancangan ini terdapat sampel yang
diberi perlakuan (treatment) dan sampel yang tidak diberi perlakuan. Analisis data
dilakukan secara deskriptif dan inferensial. Deskriptif bertujuan untuk
memberikan gambaran mengenai pemahaman konsep dasar siswa terhadap rumus
luas jajargenjang berdasarkan perbandingan statistik pada kelompok eksperimen
dan kontrol. Inferensial digunakan untuk menguji hipotesis yang terlebih dahulu
diuji sifat distribusi data tersebut melalui uji normalitas dan uji homogenitas data.
Hasil yang diperoleh sebagai berikut: Normalitas pada kelompok eksperimen
diperoleh χ2
hitung 37,5852 > χ2
tabel 3,841 dan pada kelompok kontrol diperoleh
χ
2
hitung 4,8077 > χ2
tabel 3,841, Homogenitas 1,51 < 2,81 dan Hipotesis Zhitung sebesar
-2,34 dan nilai Ztabel sebesar -1,96. Karena nilai Zhitung < Ztabel, maka H1 diterima.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang memperoleh
pembelajaran dengan penerapan metode penemuan terbimbing lebih baik dari
hasil belajar siswa yang memperoleh pembelajaran dengan metode konvensional.
Kata kunci : penemuan terbimbing, jajargenjang, siswa kelas IV SD

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Megawati -
Date Deposited: 13 Nov 2025 04:52
Last Modified: 13 Nov 2025 04:52
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151539
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item