PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD INPRES 6 LOLU

-, IDA AYU TRI ASTIKA (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD INPRES 6 LOLU. Sarjana thesis, UNTAD.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui
apakah model pembelajaran PBL dapat berpengarauh terhadap hasil belajar siswa
di SD Inpres 6 Lolu. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Inpres
6 Lolu. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu dimana terdapat kelas
kontrol dan kelas ekperimen . Kelas kontrol ditetapkan menggunakan model
pembelajaran PBL saja sementara itu di kelas Eksperimen diterapkannya model
PBL menggunakan media Video. Teknik pengumpulan data adalah observasi,
Tes, dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini dapat dilihat dari pengujian hipotesis
ang menggunkan rumus t-test, diperoleh thitung yaitu 7,75 serta ttabel pada taraf
signifikan (0,05) yaitu 2,000 oleh karena itu thitung>ttabel maka H1diterima dan H0 di
tolak. Berdasarkan pada indidkator penelitian tersebut, disimpukan bahwa
penerapan model PBL menggunakan Media video berpengaruh terhadap hasil
belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sanintang sani
Date Deposited: 13 Nov 2025 04:58
Last Modified: 13 Nov 2025 04:58
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151544
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item