-, YULINAR ASTARI SHINTIA MANU (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY BERBANTUAN ALAT SEDERHANA TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BULUTABA KABUPATEN MAMUJU UTARA. Sarjana thesis, UNTAD.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji signifikansi pengaruh model
pembelajaran guided discovery berbantuan alat sederhana terhadap hasil belajar
fisika pada siswa kelas VII SMP Negeri I Bulutaba Kabupaten Mamuju Utara.
Jenis penelitian ini merupakan eksperimen kuasi dengan desain equivalent pretest�posttest. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri I Bulutaba.
Teknik Sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling
dengan sampel penelitian adalah kelas VIIA sebagai kelompok eksperimen dan
kelas VIIB sebagai kelompok kontrol. Instrumen hasil belajar fisika berupa tes
essay yang telah divalidasi melalui validitas ahli .Tes hasil belajar fisika yang
diperoleh menunjukkan bahwa skor rata-rata kelompok eksperimen adalah 18,77
dan standar deviasi sebesar 3,24 lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 17,10 dan
standar deviasi sebesar 2,80. Uji hipotesis uji t (dua pihak), diperoleh thitung = 2,11
dan ttabel(0.975)(58) =2,00 pada taraf nyata α = 0,05. Ini berarti bahwa nilai thitung
berada di luar daerah penerimaan H0. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh model pembelajaran guided discovery berbantuan alat
sederhana terhadap hasil belajar fisika.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika L Pendidikan > Pendidikan Fisika |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | sanintang sani |
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 06:02 |
| Last Modified: | 13 Nov 2025 06:02 |
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151545 |
| Baca Full Text: | Baca Sekarang |

