-, RAHMAH NUR ZIKHRA (2016) STUDI TENTANG MINAT DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn DI SMP NEGERI 5 PALU. Sarjana thesis, UNIVERSITAS TADULAKO.
Full text not available from this repository.Abstract
Rahmah Nur Zikhra (2016). Studi Tentang Minat dalam Meningkatkan Prestasi Belajar
Siswa pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri 5 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Imran
pembimbing (II) Hasdin.
Permasalahan dalam penelitian adalaha) Apakah minat belajar siswa dapat
meningkatkan prestasi belajar di SMP Negeri 5 Palu, b) Upaya apakah yang dilakukan
guru dalam meningkatkan minat belajar pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri 5 Palu.
Tujuan penelitian ini: a) Untuk mengetahui minat belajar siswa dalam meningkatkan
prestasi belajar di SMP Negeri 5 Palu, b) Untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru
dalam meningkatkan minat belajar pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri 5 Palu. Jenis
penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di SMP Negeri 5
Palu. Subyek dalam penelitian ini siswa kelas VIII A yang berjumlah 21 orang siswa, 2
orang guru PKn dan Kepala Sekolah. Tehnik pengumpulan data yang penulis gunakan
adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tiga
tahap yakni: Reduksi data, penyajian data, dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa minat belajar siswa meningkat terbukti pada saat semester ganjil
tahun 2015/2016 dimana siswa belum mempunyai minat saat belajar, sehingga prestasi
atau nilai rata-rata yang di capai yaitu 84,14. Sedangkan pada saat semester genap tahun
2015/2016 siswa sudah mengalami peningkatan minat dalam belajar sebanyak 14 orang.
dan mengalami peningkatan prestasi yaitu nilai rata-rata semester genap adalah 85,47.
Upaya yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan minat belajar siswa sudah baik
yaitu memberikan bimbingan dan motivasi untuk membangkitkan minat belajar siswa,
kemudian seorang guru menjelaskan materi kepada siswa menggunakan media agar siswa
yang tidak mempunyai buku paket/buku pelajaran dapat memahami materi yang di jelas
kan oleh guru melalui media, dan seorang guru pada saat proses belajar mengajar
menggunakan bahasa yang baik agar siswa dapat memahami materi yang disampaikan,
guru melibatkan siswa dalam proses pembelajaran seperti memberikan pertanyaan kepada
siswa serta member kesempatan siswa untuk menanggapi isimateri yang diajarkan, serta
pengelolaan kelas yang baik sehingga siswa tertarik dan senang untuk belajar.
Kata kunci : Minat Belajar, dan Prestasi Belajar Siswa.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan L Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan |
| Depositing User: | Megawati - |
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 05:05 |
| Last Modified: | 13 Nov 2025 05:05 |
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151546 |
| Baca Full Text: | Baca Sekarang |

