PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TRAPESIUM DI KELAS VII A SMP NEGERI 7 PALU

-, LUSI SUSILAWATI (2017) PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TRAPESIUM DI KELAS VII A SMP NEGERI 7 PALU. Sarjana thesis, Untad.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rumusan masalah penelitian ini adalah “bagaimana penerapan metode penemuan
terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi trapesium di kelas
VII A SMP Negeri 7 Palu?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh
deskripsi penerapan metode penemuan terbimbing yang dapat meningkatkan hasil
belajar siswa pada materi trapesium di kelas VII A SMP Negeri 7 Palu. Jenis
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang mengacu pada desain
penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus,
setiap siklusnya melalui empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan,
observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil observasi aktifitas
guru pada siklus I yaitu memperoleh krtiteria taraf keberhasilan baik, dan mengalami
peningkatan pada siklus II yaitu memperoleh kriteria taraf keberhasilan sangat baik.
Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I memperoleh kriteria taraf keberhasilan
baik, dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu memperoleh kriteria taraf
keberhasilan sangat baik. Presentase ketuntasan belajar klasikal siklus I 73,68% dan
mengalami peningkatan pada siklus II, dengan presentase ketuntasan klasikal siklus
II adalah 89,47%. Maka dapat disimpulkan penerapan metode penemuan terbimbing
dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi trapesium di kelas VII A SMP
Negeri 7 Palu melalui langkah-langkah sebagai berikut: (1) perumusan masalah, guru
merumuskan masalah bagaimana menemukan rumus keliling dan luas daerah
trapesium? (2) pemrosesan data dan penyusunan konjektur, siswa mengerjakan LKS
secara berkelompok serta menyusun konjektur dari LKS yang dikerjakan; (3)
pemeriksaan konjektur, guru memeriksa hasil konjektur siswa dan memberikan
alasan terhadap konjektur siswa yang melakukan kesalahan; (4) verbalisasi
konjektur, siswa mempresentasikan hasil kerja kelompoknya di depan kelas; dan (5)
umpan balik, guru memberikan soal latihan kepada siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
L Pendidikan > Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Anti Anti
Date Deposited: 14 Nov 2025 08:08
Last Modified: 14 Nov 2025 08:08
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151551
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item