-, EKARIANTI (2017) PEMBELAJARAN PKN MELALUI METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD ALKHAIRAAT TONDO. Sarjana thesis, Untad.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SD
Alkhairaat Tondo, melibatkan 36 orang siswa terdiri atas 14 orang laki-laki dan 22
orang perempuan yang terdaftar pada tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini
menggunakan desain penelitian model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri atas
dua siklus. Di mana pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan di kelas
dan setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi,
dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra tindakan diperoleh
ketuntasan klasikal 33,33% dan daya serap klasikal 48,49%. Pada tindakan siklus
I diperoleh ketuntasan klasikal 50% dan daya serap klasikal 58,61% sedangkan
pada tindakan siklus II diperoleh ketuntasan klasikal 91,67% dan daya serap
klasikal 80%. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi
indikator keberhasilan dengan nilai daya serap klasikal minimal 70% dan
ketuntasan belajar klasikal minimal 80%. Berdasarkan nilai rata-rata daya serap
klasikal dan ketuntasan belajar klasikal pada kegiatan pembelajaran siklus II,
maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode Role
Playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran PKn
di SD Alkhairaat Tondo.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Anti Anti |
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 06:27 |
| Last Modified: | 13 Nov 2025 06:27 |
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151564 |
| Baca Full Text: | Baca Sekarang |

