MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE BELAJAR KELOMPOK DALAM PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SD INPRES 3 TONDO

-, SITTI RADHIAH (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE BELAJAR KELOMPOK DALAM PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SD INPRES 3 TONDO. Sarjana thesis, Untad.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SD
Inpres 3 Tondo, melibatkan 22 orang siswa terdiri atas 14 orang laki-laki dan 8
orang perempuan yang terdaftar pada tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini
menggunakan desain penelitian model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri atas
dua siklus. Di mana pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan di kelas
dan setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi,
dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra tindakan diperoleh
ketuntasan klasikal 22,27% dan daya serap klasikal 53,63%. Pada tindakan siklus
I diperoleh ketuntasan klasikal 54,54% dan daya serap klasikal 69,39% sedangkan
pada tindakan siklus II diperoleh ketuntasan klasikal 90,90% dan daya serap
klasikal 89,39%. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi
indikator keberhasilan dengan nilai daya serap klasikal minimal 70% dan
ketuntasan belajar klasikal minimal 80%. Berdasarkan nilai rata-rata daya serap
klasikal dan ketuntasan belajar klasikal pada kegiatan pembelajaran siklus II,
maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode
Belajar Kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada
pembelajaran IPS di SD Inpres 3 Tondo.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Anti Anti
Date Deposited: 13 Nov 2025 06:32
Last Modified: 13 Nov 2025 06:32
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151567
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item