-, PRIHNURRIYANTY (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD DIKELAS IV SD INPRES TOWERA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS TADULAKO.
Full text not available from this repository.Abstract
Prihnurriyanty, 2012. Meningkatkan Hasil Belajar pada Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe STAD di Kelas IV SD Inpres Towera. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), jurusan Ilmu Pendidikan , Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Juniarti, Pembimbing (2) Arif Firmansyah.
Kata Kunci : Kooperatif , STAD, Hasil Belajar IPS.
Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Inpres Towera. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar terhadap materi IPS, diantaranya guru masih menggunakan metode ceramah yang menyebabkan siswa kurang memahami konsep yang diajarkan. Oleh karena itu, perlu diterapkan suatu model pembelajaran yang dapat merespon siswa untuk lebih meningkatkan hasil belajar IPS. Penelitian ini terdiri dari dua (2) siklus yang melibatkan 28 orang siswa, yang terdiri dari 16 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan presentase hasil belajar yang diperoleh dari tes akhir setiap siklus. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan hasil analisis tes siswa yang diperoleh pada siklus I, yakni siswa yang tuntas 16 dari 28 orang siswa atau presentase ketuntasan klasikal sebesar 57,1% dan daya serap klasikal sebesar 67,1%, serta aktivitas siswa masih dalam kategori kurang yaitu dalam hal menganalisa penjelasan guru dan keaktifan siswa dalam diskusi kelompok. Pada siklus II mengalami peningkatan, yakni diperoleh daya serap klasikal 83,2% dan siswa yang tuntas 26 siswa dari 28 orang siswa sehingga ketuntasan klasikalnya mencapai 92,8% dengan peningkatan sebesar 35,7%. Demikian pula dengan aktivitas siswa berada dalam kategori sangat baik karena semua komponen penilaian dari setiap indikator aktivitas siswa tercapai. Dengan demikian, berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres Towera terhadap pembelajaran IPS.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini L Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | ranny ranny |
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 06:36 |
| Last Modified: | 13 Nov 2025 06:36 |
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151568 |
| Baca Full Text: | Baca Sekarang |

