-, MAINTAN (2011) MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI PENERAPAN MODEL PENCAPAIAN KONSEP MURID KELAS IV SD INPRES 1 KAYUMALUE PAJEKO. Sarjana thesis, UNIVERSITAS TADULAKO.
Full text not available from this repository.Abstract
MAINTAN, 2011 “ Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PKn melalui Penerapan Model Pencapaian Konsep Murid Kelas IV SD Inpres 1 Kayumalue Pajeko” Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Jamaludin, (II) Imran.
Kata Kunci : “Kualitas, Belajar, Model Pencapaian Konsep”
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran pencapaian konsep dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PKn murid kelas IV SD Inpres I Kayumalue Pajeko.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kualitas belajar murid kelas IV SD Inpres 1 Kayumalue Pajeko melalui penerapan model pencapaian konsep. Hipotesis penelitian ini adalah terjadinya peningkatan kualitas belajar murid kelas IV SD Inpres 1 Kayumalue Pajeko pada mata pelajaran PKn melalui penerapan model pencapaian konsep. Jenis data yang diambil adalah data kualitatif yaitu meliputi hasil ujian belajar murid dan observasi. Metode yang digunakan adalah model pencapaian konsep. Teknik pengumpulan data diperoleh dari observasi guru dan murid serta evaluasi proses dan hasil pembelajaran. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 orang murid kelas IV SD Inpres I Kayumalue Pajeko. Proses penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan 2 siklus dengan prosedur tindakan 1 perencanaan, 2 pelaksanaan, 3 observasi, 4 refleksi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa murid kelas IV SD Inpres 1 Kayumalue Pajeko, sebelum menggunakan penerapan model pencapaian konsep kualitas belajar murid masih tergolong rendah dengan lebih dari 60% dari jumlah murid mendapatkan hasil yang kurang. Setelah menggunakan model pembelajaran pencapaian konsep kualitas belajar murid meningkat ditandai dengan hasil yang diperoleh murid mencapai rata-rata 65 ke atas dengan ketuntasan maksimalnya 80%.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Megawati - |
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 06:33 |
| Last Modified: | 13 Nov 2025 06:33 |
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151569 |
| Baca Full Text: | Baca Sekarang |

