PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGGUNAKAN TANDA BACA MELALUI METODE LATIHAN PADA SISWA KELAS IV SDN 4 PALU BARAT

-, FERAWANTY USMAN (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGGUNAKAN TANDA BACA MELALUI METODE LATIHAN PADA SISWA KELAS IV SDN 4 PALU BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS TADULAKO.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ferawanty Usman. 2012. “Peningkatan Kemampuan Menggunakan Tanda Baca Melalui metode Latihan pada Siswa kelas IV SDN 4 Palu Barat”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing I, Yunidar Nur dan Pembimbing II, Ulinsa.
Kata kunci: Peningkatan, Menggunakan Tanda Baca, Metode Latihan.
Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana cara meningkatkan kemampuan menggunakan tanda baca pada siswa kelas IV SDN 4 Palu Barat melalui metode latihan, hal ini dapat dilihat berdasarkan atas hasil tes awal yang dilakukan menunjukan bahwa kemampuan siswa menggunakan anda baca masih kurang. Tujuan peningkatan kemampuan siswa dalam penelitian ini untuk memperoleh gambaran tentang bagaimana upaya meningkatkan kemampuan siswa menggunakan tanda baca. Pada umumnya, kemampuan siswa menggunakan tanda baca masih sangat kurang. Hal ini disebabkan siswa hanya di ajak untuk menulis tanpa memperhatikan tanda baca. Oleh sebab itu, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode latihan. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus dengan prosedur tindakan 1). Perencanaan, 2). Pelaksanaan tindakan, 3). Observasi, 4). Refleksi. Hasil pembelajaran menunjukkan bahwa dengan metode latihan dalam penggunaan anda baca siswa kelas IV SDN 4 Palu Barat mengalami peningkatan dari siklus pertama ke siklus berikutnya. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan perolehan nilai ketuntasan belajar klasikal sebesar 42,10 % terdiri atas 38 orang siswa. banyaknya siswa yang tuntas belajar yakni 16 orang dengan presentase daya serap inidividu 63,15 %, dengan demikian indikator keberhasilan belum tecapai. Hasil penelitian dilanjutkan pada siklus II menunjukkan skor tertinggi 80, skor terendah 60, perolehan ketuntasan belajar klasikal mencapai 94,73 % dan daya serap individu mencapai 78,94 %. Dengan demikian indikator kinerja yang ditetapkan dalam penelitian telah tercapai sehingga tidak perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya. Hal ini menunjukkan bahwa metode latihan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 4 Palu Barat tahun pelajaran 2011/2012 pada materi penggunaan tanda baca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Megawati -
Date Deposited: 13 Nov 2025 07:28
Last Modified: 13 Nov 2025 07:28
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151585
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item