PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH PADA SISWA KELAS VIIIa SMPN 3 KASIMBAR

-, SITI HAJIRAH (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH PADA SISWA KELAS VIIIa SMPN 3 KASIMBAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS TADULAKO.

Full text not available from this repository.

Abstract

Siti Hajirah, 2012. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dalam meningkatkan hasil belajar Sejarah pada siswa kelas VIIIa SMPN 3 Kasimbar. Skripsi, Program Studi Pendidikan sejarah, jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Tadulako. Pembimbing (1). Junarti, pembimbing (2) Misnah

Kata kunci : Kooperatif, Team Assisted Individualization (TAI), Hasil belajar Sejarah

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar pada Mata Pelajaran IPS Sejarah pada siswa kelas VIIIa SMPN 3 Kasimbar. Penelitian ini mengikuti jenis penelitian tindakan kelas yang bersiklus, yang meliputi : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Pada tahap awal, peneliti mengadakan tes pra-tindakan dengan jumlah butiran soal sebanyak 10, dan memperoleh nilai dari hasil analisis yaitu Tuntas Klasikal sebesar 57,5% dan Daya Serap Klasikalnya sebesar 74%. Hasil penelitian siklus 1 tuntas 14 orang dan tidak tuntas sebanyak 19 orang dengan presentase ketuntasan belajar klasikal adalah 42,4%. Pada siklus II diperoleh peningkatan pada ketuntasan individu yakni hampir semua siswa tuntas belajar secara individu, dengan presentase ketuntasan belajar klasikal 81,8%. Untuk data kualitatif pada siklus 1 aktifitas guru diperoleh nilai rata-rata 73,55 dan pada siklus II mengalami peningkatan dan memperoleh nilai rata-rata 97%. Untuk aktivitas siswa pada siklus 1 diperoleh nilai rata-rata 60% dan pada siklus II aktivitas siswa mengalami peningkatan dengan diperoleh nilai rata-rata 95%. Dengan demikian bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dapat meningkatkan hasil belajar sejarah siswa kelas VIIIa SMPN 3 Kasimbar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
L Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Megawati -
Date Deposited: 13 Nov 2025 07:35
Last Modified: 13 Nov 2025 07:35
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151586
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item