-, INDRAWATI (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI KELAS III SD INPRES BINANGGA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS TADULAKO.
Full text not available from this repository.Abstract
Indrawati , 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Metode Demonstrasi di Kelas III SD Inpres Binangga. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako Palu. Pembimbing I, Jamaluddin. Pembimbing II, Amran Mahmud.
Kata kunci : Meningkatkan Hasil Belajar, Metode Demonstrasi.
Permasalahan yang mendasar dalam penelitian ini adalah rendahnya daya serap siswa Kelas III SD Inpres Binangga. disebabkan kurangnya minat belajar siswa terutama pada pembelajaran IPS. Oleh karena itu, peneliti menerapkan metode demonstrasi agar materi yang diajarkan lebih menarik, menyenangkan dan memberikan pengaruh besar pada penguasaan materi kerja sama. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Inpres Binangga melalui Penggunaan Metode Demonstrasi pada kelas III yang berjumlah 11 orang. Penelitian ini di lakukan dalam dua siklus, yang terdiri dari materi untuk siklus I yaitu Kerja Sama dengan sub pokok bahasan Pentingnya Kerja Sama dan Manfaat Kerja Sama, dan siklus II yaitu dengan pokok bahasan yang sama yaitu Kerja Sama dengan sub pokok bahasan Karja Sama di Lingkungan Rumah dan Kerja Sama di Lingkungan Sekolah. Hasil dari pelaksanaan tindakan menunjukan bahwa Penggunaan Metode Demonstrasi dapat Meningkatkan hasil belajar. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran siklus I dalam kategori baik dan hasil tes siklus I siswa yang tuntas 7 dari 11 siswa, tuntas klasikal 63,60%. Serta hasil tes siklus II menunjukan peningkatan siswa yang tuntas 9 siswa dari 11 siswa, tuntas klasikal 81,80% dan hasil observasi siklus II menunjukan peningkatan pembelajaran observasi aktivitas guru dan siswa dalam kategori sangat baik. Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Metode Demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas III SD Inpres Binangga.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Megawati - |
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 07:47 |
| Last Modified: | 13 Nov 2025 07:47 |
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151593 |
| Baca Full Text: | Baca Sekarang |

