STUDI KOMPARATIF HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN TERPADU MODEL CONNECTED BERBASIS KOOPERATIF PADA BIDANG STUDI IPA DENGAN MATERI BAHAN KIMIA DALAM MAKANAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 19 PALU

-, Rosmiati Timang (2013) STUDI KOMPARATIF HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN TERPADU MODEL CONNECTED BERBASIS KOOPERATIF PADA BIDANG STUDI IPA DENGAN MATERI BAHAN KIMIA DALAM MAKANAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 19 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rosmiati Timang, 2013. Studi Komparatif Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Terpadu Model Connected Berbasis Kooperatif Pada Bidang Studi IPA Dengan Materi Bahan Kimia Dalam Makanan Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Palu. Hasil Penelitian, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan MIPA Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Jamaluddin Sakung (II) I Made Tangkas.
Kata Kunci : Model Connected, Berbasis Kooperatif, Hasil Belajar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Palu yang mendapat pembelajaran terpadu model connected berbasis kooperatif dengan hasil belajar siswa yang mendapat pembelajaran model konvensional pada materi bahan kimia dalam makanan. Bentuk penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian “Pre test-Post test Control Group Design”. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, karena mempunyai nilai rata-rata kelas yang sama dalam hasil belajar IPA sehingga dipilih siswa kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan VIIIB sebagai kelas kontrol. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah test hasil belajar berbentuk essay yang terdiri dari 5 butir soal. Dari hasil analisis data diperoleh rata–rata selisih skor post test dan pre test pada kelas kontrol adalah 4,84, sedangkan kelas eksperimen sebesar 10.92. hasil perhitungan statistik kelas kontrol dengan kelas eksperimen menggunakan uji U-Mann Whitney dengan taraf kepercayaan 95% diperoleh Zhitung < Ztabel (-4,594 < -1,96), yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pembelajaran terpadu dapat diterapkan di sekolah sehingga dapat meningkatkan hasil belajar dan kebermaknaan belajar siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
L Pendidikan > Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Bayu Anggara Permana
Date Deposited: 13 Nov 2025 08:00
Last Modified: 13 Nov 2025 08:00
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151597
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item