PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MIND MAPPING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI MADRASAH ALIYAH ALKHAIRAAT TONDO

-, SURURIATUN MASFUFAH (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MIND MAPPING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI MADRASAH ALIYAH ALKHAIRAAT TONDO. Sarjana thesis, UNTAD.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengaruh model
pembelajaran kooperatif tipe mind mapping terhadap motivasi belajar siswa pada
mata pelajaran geografi Kelas XI di Madrasah Aliyah Alkhairaat Tondo.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian non equivalen control group design.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Madrasah Aliyah Alkhairaat Tondo
yang berjumlah 111 siswa. Sampel penelitian terdiri dari dua Kelas yaitu Kelas
XIB sebagai Kelas eksperimen yang berjumlah 23 siswa dan Kelas XIA sebagai
Kelas kontrol yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan cara
purposive sampling. Pengujian hipotesis pada penelitian ini terdapat pengaruh
model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping terhadap motivasi belajar
siswa, untuk menentukan hipotesis menggunakan analisis wilcoxon signed rank
test. Hasil penelitian menunjukkan nilai asymp.sig. (2-tailed) 0,000<0,05. Hasil
tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif
tipe mind mapping terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran geografi di
Madrasah Aliyah Alkhairaat Tondo.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
L Pendidikan > Pendidikan Geografi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: sanintang sani
Date Deposited: 13 Nov 2025 08:26
Last Modified: 13 Nov 2025 08:26
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151604
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item