HUBUNGAN BERMAIN KELOMPOK DENGAN KETERAMPILAN SOSIAL DI KELOMPOK A TK DHARMA WANITA PERSATUAN KECAMATAN BIAU KABUPATEN BUOL

TANAIM, RAHMATIA U. (2013) HUBUNGAN BERMAIN KELOMPOK DENGAN KETERAMPILAN SOSIAL DI KELOMPOK A TK DHARMA WANITA PERSATUAN KECAMATAN BIAU KABUPATEN BUOL. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara bermain kelompok dengan keterampilan sosial anak di TK Dharma wanita persatuan Kecamatan Biau Kabupaten Buol?, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hubungan antara bermain kelompok dengan keterampilan sosial anak. Subjek penelitian ini adalah anak di TK Dharma wanita persatuan yang berjumlah 21 orang yang terdiri dari 16 anak perempuan dan 5 anak laki-laki. Teknik yang digunakan adalah observasi dengan alat bantu berupa lembaran observasi. Data aktivitas anak dan guru dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 21 orang anak, 9 orang anak menunjukkan bahwa sudah mampu dalam bekerja sama 42,85%, 7 orang anak menunjukkan cara bermain kelompok masih kurang dalam kekompakan bermain 33,33% serta 5 orang anak menunjukkan belum mampu bermain kelompok yakni belum ada kerjasamanya yang baik 23,80%. Dari ketiga aspek tersebut ditemukan bahwa dari 21 anak terdapat 16 anak yang sudah mendekati cara bermain kelompok yang baik 76,19%. Keterampilan sosial dan bekerjasama 9 anak (42,83%) SB, 7 anak (33,33%) B, 5 anak (23,81%) C. keterampilan sosial anak dan tanggung jawab (38,01%) SB, 9 anak (42,86%) B, 4 anak (19,04%) C. Menghargai teman 8 anak (38,01%) SB, 8 anak (38,01%) B, 5 anak (23,81%) C. Bermain kelompok menunggu giliran 7 anak (33,33%) SB, 8 anak (39,09%) B, 6 anak (28,57%) C. Tolong menolong 8 anak (38,01%) SB, 7 anak (33,33%) B, 6 anak (28,57%) C. Kekompakan bermain kelompok 9 anak (42,85%) SB, 7 anak (33,33%) B, 5 anak (23,81%) C. Disiplin aturan main 8 anak (38,01%) SB, 9 anak (42,85%) B, 4 anak (19,04%) C. Bersaing pada saat bermain kelompok 8 anak (38,01%) SB, 8 anak (38,01%) B, 5 anak (23,81%) C. Kerja sama kelompok 7 anak (33,33%) SB, 8 anak (38,09%) B, 6 anak (28,57%) C. Persaingan Kelompok 7 anak (33,33%) SB, 9 anak (42,85%) B, 5 anak (23,81%) C. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan bermain kelompok dengan keterampilan sosial anak di TK Dharma Wanita Persatuan Kecamatan Biau Kabupaten Buol tersebut mencapai hasilnya dengan kategori baik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
L Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Mr Ahmad Zuhri
Date Deposited: 13 Nov 2025 08:31
Last Modified: 13 Nov 2025 08:31
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151606
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item