-, TRI UTAMI (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SBK MELALUI PEMANFAATAN TEKNIK KOLASE KELAS IV SD INPRES 13 OVA PANTOLOAN. Sarjana thesis, UNTAD.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran SBK melalui pemanfaatan teknik kolase siswa kelas IV di SD Inpres 13
Ova Pantoloan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan
dalam 2 siklus.Adapun tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan
refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil observasi
aktivitas guru dan siswa di ambil dari lembar observasi kegiatan guru dan lembar
observasi aktivitas siswa serta data hasil belajar yang diambil dari tes. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa pada Siklus I pengamat melihat aktivitas guru
masuk dalam kategori penilaian baik. Pada tindakan siklus II pengamat melihat
rata-rata aktivitas siswa dan aktivitas guru sudah masuk dalam kategori penilaian
sangat baik.sedangkan untuk hasil belajar siswa pada tindakan Siklus I daya serap
klasikal mencapai 67,65%, sedangkan pada tindakan siklus II daya serap klasikal
mencapai 85,42%. berdasarkan data yang diperoleh pada pelaksanaan tindakan,
terjadi peningkatan hasil belajar dari Siklus I ke Siklus II. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa pembelajaran dengan teknik kolase dapat meningkatkan hasil
belajar siswa pada mata pelajaran SBK khususnya materi seni rupa di kelas IV SD
Inpres 13 Ova Pantoloan mendapat hasil yang baik.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | sanintang sani |
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 00:08 |
| Last Modified: | 14 Nov 2025 00:08 |
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151609 |
| Baca Full Text: | Baca Sekarang |

