KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 KOTA PALU

-, HARMAWATI (2019) KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 KOTA PALU. Sarjana thesis, UNTAD.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan
menulis teks prosedur kompleks dengan menggunakan media gambar siswa kelas
XI jurusan kimia 4 Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Palu. Tujuan penelitian ini
adalah mendeskripsikan kemampuan menulis teks prosedur kompleks dengan
menggunakan media gambar siswa Kelas XI jurusan kimia 4 Madrasah Aliyah
Negeri 2 Kota Palu. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif.
Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini
adalah hasil pekerjaan siswa kelas XI jurusan kimia 4 Madrasah Aliyah Negeri 2
Kota Palu. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI Madrasah Aliyah
Negeri 2 Kota Palu yang terdiri atas 12 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 358
orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling dan
terpilih kelas XI jurusan kimia 4 dengan jumlah siswa sebanyak 29 orang. Teknik
yang digunakan dalam pengumpulan data yakni tekni evaluasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa dari 21 siswa yang mengikuti tes tertulis, 15 orang
dinyatakan tuntas dan 6 orang yang dinyatakan tidak tuntas dapat dibuktikan
dengan hasil pencapaian nilai rata-rata yang diperoleh yakni 75,29. Adapun
jumlah siswa yang tuntas dalam menulis teks prosedur kompleks berjumlah 15
orang siswa dengan persentase keberhasilan 71,41% dan 6 orang siswa tidak
tuntas dengan persentase 28,57% telah sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal
(KKM) nilai rata-rata yaitu 70 dan ketuntasan klaksikal 70% di sekolah Madrasah
Aliyah Negeri 2 Kota Palu. Jadi, dapat disimpulkan bahwa siswa kelas XI
Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Palu telah mampu dalam menulis teks prosedur
kompleks karena nilai siswa telah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM)
yaitu 70 dan kriteria ketuntasan klaksikal 70%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
L Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: sanintang sani
Date Deposited: 14 Nov 2025 00:37
Last Modified: 14 Nov 2025 00:37
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151615
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item