-, DAHWAT TOTORAN (2019) ANALISIS PEMASARAN USAHATANI JAGUNG HIBRIDA DI DESA BANTUGA KECAMATAN AMPANA TETE KABUPATEN TOJO UNA-UNA. Sarjana thesis, Untad.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk saluran
pemasaran Jagung Hibrida dan besarnya margin pemasaran dari setiap lembaga
pemasaran pada masing-masing saluran pemasaran kopra, berapa bagian harga
yang diterima petani Jagung Hibridadi Desa Bantuga, besarnya efisiensi
pemasaran Jagung Hibrida pada masing-masing saluran pemasaran.
Penelitian ini dilaksanakan di Desa Bantuga Kecamatan Ampana Tete
Kabupaten Tojo Una-una. Penentuan responden pada penelitian ini dilakukan
dengan metode sampelacak sederhana yang terdiri dari 32 responden petani
Jagung Hibrida dan 3 responden pedagang dengan menggunakan metode
(penjajakan).
Hasil penelitian menunjukan ada dua bentuk saluran pemasaran Jagung
Hibrida yang terdapat di Desa Bantuga yaitu :
1. Petani Pedagang Pengumpul Konsumen.
2. Petani Pedagang Pengumpul Pedagang Besar Konsumen
Margin pemasaran Jagung Hibrida yang diperoleh untuk saluran pertama
sebesar Rp 500, dan margin pemasaran Jagung Hibrida yang diperoleh untuk
saluran kedua sebesar Rp 2.000.Bagian harga yang diperoleh petani pada saluran
pertama diperoleh 86,84 %, dan untuk saluran kedua diperoleh sebesar 61,53 %,
sehingga nilai efisiensi pada saluran pertama adalah 14,47 %, sedangkan saluran
kedua nilai efisiennya sebesar 29,23 %, dari dua saluran pemasaran jagung hibrida
tersebut, saluran pertama lebih efisien dari pada saluran kedua.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Tadulako University - Divisions > Fakultas Pertanian > Agribisnis S Agriculture > Agribisnis |
| Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis Library of Congress Subject Areas > S Agriculture > Agribisnis |
| Depositing User: | Anti Anti |
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 02:40 |
| Last Modified: | 14 Nov 2025 02:40 |
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151636 |
| Baca Full Text: | Baca Sekarang |

