ENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS IV SDN 1 BAIYA KECAMATAN TAWAELI

-, HAMSAH (2017) ENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS IV SDN 1 BAIYA KECAMATAN TAWAELI. Sarjana thesis, UNTAD.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pelaksanaan penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang
bertujuan untuk meningkatkan hásil belajàr siswa pada mata pelajaran IPS dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw di këlas IV SDN 1 Baiya.
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Baiya yang berjumlah 25 orang
yang terdiri dan 11 orang perempuan dan 14 orang laki-laki. Penelitian ini dilakukan
dalam 2 siklus, setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan
refleksi. Jenis instrumen yang digunakan adalah lembar observasi siswa, lembar
observasi guru dan tes hasil belajar siswa pada setiap pertemuan dan setiap akhir
siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengunaan model pembelajaran
kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa hingga mencapai
indikator penelitian yang ditetapkan SDN 1 Baiya. Hasil tes belajar siswa pada siklus
I siswa yang tuntas sebanyak 13 orang dari 25 orang siswa sehingga diperoleh
ketuntasan belajar klasikal 52,0% dan daya serap klasikal 55,6% dengan kategori
kurang. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan siswa yang tuntas sebanyak
23 orang dari 25 orang siswa sehingga ketuntasan belajar klasikal sebesar 92,0% dan
daya serap klasikal sebesar 88,0% dengan kategori sangat baik. Dari data tersebut
dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran
IPS di kelas IV SDN 1 Baiya Kecamatan Tawaeli.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sanintang sani
Date Deposited: 14 Nov 2025 03:25
Last Modified: 14 Nov 2025 03:25
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151677
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item