KEANEKARAGAMAN JENIS JAMUR DI JALUR PENDAKIAN GUNUNG SIDOLE DAN PEMANFAATANYA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI

-, ASMAWIR (2017) KEANEKARAGAMAN JENIS JAMUR DI JALUR PENDAKIAN GUNUNG SIDOLE DAN PEMANFAATANYA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI. Sarjana thesis, UNTAD.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keanekaragaman jenis jamur
yang ada di jalur pendakian gunung Sidole dan membuat media poster
berdasarkan jenis-jenis jamur yang ada di jalur pendakian gunung Sidole yang
dimanfaatkan dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian
deskriptif. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode purposive
sampling. Tehnik yang digunakan pada pengambilan sampel menggunakan
tehnik sweping. Pengambilan sampel dibagi menjadi 7 stasiun berdasarkan
ketinggian, pada tiap stasiun digelar plot 10x10 m dan dilakukan tehnik sweping
pada area plot tersebut. Hasil penelitian ditemukan 23 species yang tergolong atas
5 kelas, 7 ordo dan 15 famili. Keanekaragaman jenis jamur dihitung menggunakan
indeks Shannon-Wienner, dimana indeks keanekaragaman yang ditemukan di
jalur pendakian gunung Sidole tergolong dalam kategori sedang atau nilai H’=
2,64. Hasil penelitian dijadikan media pembelajaran berupa poster tentang
keanekaragaman jenis jamur di gunung Sidole, setelah melalui validasi oleh tim
ahli dan uji kelayakan oleh 24 mahasiswa yang di bahagi menjadi 2 kelompok,
dengan nilai rata-rata kelompok besar 86,8% dan kelompok kecil 88,3%, hasil
yang didapatkan tergolong layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
L Pendidikan > Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: sanintang sani
Date Deposited: 14 Nov 2025 04:09
Last Modified: 14 Nov 2025 04:09
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151685
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item