-, MELDA GRACE TOKAU (2017) DENTIFIKASI KENDALA-KENDALA DAN UPAYA GURU PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 10 SIGI. Sarjana thesis, Untad.
Full text not available from this repository.Abstract
Melda Grace Tokau (2017). Identifikasi Kendala-Kendala Dan Upaya Guru Pada
Pembelajaran Geografi Di SMA Negeri 10 Sigi. Skripsi, Program Studi
Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Junarti (II)
Nurvita
Kajian dalam penelitian ini mengangkat permasalahan tentang 1) Apa yang
menjadi kendala-kendala guru dalam pelaksanaan pembelajaran geografi di SMA
Negeri 10 Sigi, 2) Upaya apa saja yang dilakukan Guru dalam mengatasi kendala
yang di alami dalam pelaksanaan pembelajaran geografi di SMA Negeri 10 Sigi.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kendala-kendala guru dalam pelaksanaan
pembelajaran geografi di SMA Negeri 10 Sigi, untuk mengetahui upaya guru
dalam mengatasi kendala-kendala dalam pelaksanaan pembelajaran geografi di
SMA Negeri 10 Sigi. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode
pendekatan deskritif kualitatif. Lokasi penelitian bertempat di SMA Negeri 10
Sigi Kecamatan Dolo Selatan Kabupaten Sigi Biromaru Provinsi Sulawesi Tengah
dengan Sasaran penelitian ini adalah guru bidang studi geografi. Analisis data
dalam penelitian ini dilakukan dengan tiga tahap yaitu (1) Reduksi Data, (2)
Display Data, dan (3) Verifikasi Data. Hasil Penelitian mengungkapkan bahwa
terdapat banyak kendala yang ditemui saat pembelajaran geografi terutama pada
penguasaan materi litosfer, pemetaan dan tata surya. Selain itu hasil analisis
mengungkapkan bahwa kendala yang dialami oleh guru bidang studi geografi
adalah pada kompetensi profesionalnya. Beberapa trik untuk meminimalisir
kendala dilakukan oleh guru tersebut dalam mengajar yakni mengganti pratikum
dikelas atau dilab dengan observasi langsung kelapangan, memanfaatkan alam
sekitar sebagai media pembelajaran, memberikan tugas tambahan kepada siswa,
dan menggunakan berbagai pendekatan pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi L Pendidikan > Pendidikan Geografi |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Geografi |
| Depositing User: | Anti Anti |
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 04:18 |
| Last Modified: | 14 Nov 2025 04:18 |
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151687 |
| Baca Full Text: | Baca Sekarang |

