MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK KELOMPOK A TK ALKHAIRAAT IV BESUSU PALU DALAM MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1 SAMPAI 10 MELALUI KARTU ANGKA

-, EMIDIAWATI (2012) MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK KELOMPOK A TK ALKHAIRAAT IV BESUSU PALU DALAM MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1 SAMPAI 10 MELALUI KARTU ANGKA. Sarjana thesis, UNTAD.

Full text not available from this repository.

Abstract

Emidiawati. 2012. Meningkatkan Kemampuan Anak Kelompok A TK Alkhairaat IV
Besusu Palu dalam Mengenal Bilangan 1 sampai 10 melalui Kartu
Angka. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Taman Kanak-kanak
Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing (1)
Baharuddin, (2) Idrus Puluhulawa

Kata Kunci : Kemampuan Anak, Bilangan, Kartu Angka.

Permasalahan utama pada penelitian ini adalah masih kurangnya anak TK Alkhairaat IV Besusu Palu dalam mengenal bilangan. Ada bebarapa faktor yang menyebabkan hal tersebut yaitu kurangnya media pembelajaran yang mendukung dalam mengajarkan bilangan, oleh sebab itu dalam penelitian ini, kartu angka dijadikan sebagai alat peraga untuk menunjang kegiatan belajar mengajar di kelas, sehingga diharapkan anak dapat mengenal bilangan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana cara meningkatkan pemahaman anak dalam mengenal bilangan dengan menggunakan kartu angka pada anak kelompok A TK Alkhairaat IV Besusu Palu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendekripsikan tentang cara meningkatkan pemahaman anak dalam mengenal bilangan dengan menggunakan kartu angka pada anak kelompok A TK Alkhairaat IV Besusu Palu.
Dalam penelitian ini, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian tindakan kelas ini mengikuti model Kemmis dan Mc.Taggrat yang dilakukan dalam dua siklus, dengan setiap siklus melalui 4 tahap yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) Observasi dan (4) Refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelompok A TK Alkhairaat IV Besusu Palu. Subjek penelitian adalah kelompok A yang berjumlah 25 orang, yang terdiri dari 10 orang anak perempuan dan 15 orang anak laki-laki yang terdaftar pada tahun ajaran 2010/2011. Pengamatan pada penelitian ini yaitu kemampuan anak menyebutkan bilangan dari 1 sampai 10 dengan kartu angka dan kemampuan anak menunjukkan bilangan dari 1 sampai 10 dengan kartu angka.
Berdasarkan hasil penelitian tindakan siklus I diperoleh 12 orang anak (48%) dengan kategori baik, namun pada tindakan siklus II diperoleh 20 orang anak (80%) dengan kategori baik. Sehingga jelas terlihat bahwa terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Maka dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan dari 1 sampai 10 telah terjadi peningkatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
L Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: okky anugrah
Date Deposited: 14 Nov 2025 06:17
Last Modified: 14 Nov 2025 06:17
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151700
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item