PENGARUH KINERJA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATATN SIPIL KABUPATEN MAMUJU UTARA

-, JUHRIA MAKASSAU (2016) PENGARUH KINERJA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATATN SIPIL KABUPATEN MAMUJU UTARA. Magister thesis, UNTAD.

Full text not available from this repository.

Abstract

Juhria Makkasau. B 102 14 095. Pengaruh Kinerja Terhadap Kualitas Pelayanan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Mamuju Utara. Dibimbing oleh Mustainah dan Muh. Nawawi.
Penelitian ini bertujuan; (1) untuk mengetahui besar pengaruh secara simultan kinerja terhadap kualitas pelayanan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Mamuju Utara; (2) untuk mengetahui besar pengaruh secara parsial kinerja terhadap kualitas pelayanan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Mamuju Utara. Teori kinerja yang digunakan dari T.R. Mitchell dalam Sedarmayanti (2009:51), sedangkan teori kualitas pelayanan dari Parasuraman et al. (1988:23). Jenis penelitian ini kuantitatif dengan pendekatan survey. Populasi penelitian ini pegawai dan masyarakat, di mana jumlah pegawai 32 orang sedangkan masyarakat berjumlah 45.796 jiwa yang ditarik menggunakan rumus menjadi 100 orang. Pengambilan sampel pegawai menggunakan sensus, sedangkan untuk masyarakat menggunakan simple random sampling, serta teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan; (1) Pengaruh secara simultan kinerja terhadap kualitas pelayanan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Mamuju Utara ditentukan oleh dimensi quality of work (kualitas kerja), promptness (ketepatan waktu), initiative (inisiatif), capability (kemampuan), communication (komunikasi) karena nilai F hitung lebih besar dari nilai F tabel dengan besar pengaruh 87,2% dengan tingkat hubungan antar variabel yang sangat kuat. Artinya jika kinerja mengalami kenaikan satu satuan, maka akan meningkatkan kualitas pelayanan; (2) Pengaruh secara parsial kinerja terhadap kualitas pelayanan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Mamuju Utara ditentukan oleh quality of work (kualitas kerja) berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan karena nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel. Promptness (ketepatan waktu) berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan karena nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel. Initiative (inisiatif) berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan karena nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel. Capability (kemampuan) berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan karena nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel, dan communication (komunikasi) berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan karena nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel.

Kata kunci: Kinerja, Pelayanan, Kualitas Pelayanan.

Item Type: Thesis (Magister)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
H Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: okky anugrah
Date Deposited: 14 Nov 2025 07:04
Last Modified: 14 Nov 2025 07:04
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151710
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item