MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PKN MELALUI PENDEKATAN STAD SISWA KELAS V SD INPRES TINGGEDE

-, MULYATI (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PKN MELALUI PENDEKATAN STAD SISWA KELAS V SD INPRES TINGGEDE. Sarjana thesis, UNTAD.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalahan penelitian penerapan pembelajaran kooperatif tipe student
team achievement division dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran
PKn di Kelas V. Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa,
serta mengetahui kemampuan pengelolaan guru dalam pembelajaran dengan
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas V.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan
dalam dua siklus dan berakhir pada siklus II karena dinyatakan telah berhasil,
dimana tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan
refleksi. Subjek penelitian siswa kelas V SD Inpres Tinggede yang berjumlah 12
siswa. Berdasarkan data dari hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa
terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran
kooperatif tipe STAD. Pelaksanaan pembelajaran pada tindakan siklus II siswa
dalam mengikuti langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat
meningkat baik dalam diskusi kelompok maupun diskusi kelas serta peningkatan
hasil belajar siswa menjawab soal tes secara tertulis. Kondisi pembelajaran pada
tindakan siklus II mengalami peningkatan dari 12 siswa semuanya dapat
menjawab pertanyaan dengan baik. Rata-rata kelas mencapai 87,91. ketuntasan
belajar 100%. Keberhasilan siswa ditandai keaktifan siswa mengikuti
pembelajaran baik dalam diskusi kelompok maupun diskusi kelas serta hasil
evaluasi akhir. Indikator keberhasilan yang ditetapkan 85% Ketuntasan Belajar
Klasikal dan Daya Serap Individu 65% sudah berhasil.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sanintang sani
Date Deposited: 14 Nov 2025 07:00
Last Modified: 14 Nov 2025 07:00
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151714
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item