UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN ASTINA PADA MATERI MEMBACA PUISI MELALUI PENERAPAN METODE DEMONSTRASI

-, I MADE AGUS SOFIAN (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN ASTINA PADA MATERI MEMBACA PUISI MELALUI PENERAPAN METODE DEMONSTRASI. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci : Peningkatan Hasil Belajar, Membaca Puisi, Metode Demonstrasi.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Astina pada materi membaca puisi melalui penerapan metode demonstrasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam empat tahapan penelitian yaitu : 1)Perencanaan, 2)Pelaksanaaan tindakan, 3)Pengamatan/Observasi, dan 4)Refleksi. Keempat tahapan tersebut dilaksanakan dalam dua siklus, kemudian masing-masing siklus dikembangkan menjadi dua kali pertemuan. Pertemuan pertama (P1) dengan pemberian materi dan pertemuan kedua (P2) dilanjutkan dengan pemberian tes akhir. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah proses pembelajaran yang diperoleh dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa serta hasil belajar siswa yang diperoleh dengan memberikan tes individu kepada setiap siswa. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I menunjukkan bahwa guru pada pertemuan pertama (P1) dikategorikan cukup dengan skor yang diperoleh 60 dipersentasekan menjadi 68,18% pada pertemuan kedua (P2) dikategorikan baik dengan skor yang diperoleh 64 dipersentasekan menjadi 72,72%. Hasil obsevasi aktivitas siswa pada siklus I menunjukkan bahwa siswa pada pertemuan pertama (P1) dikategorikan cukup dengan skor yang diperoleh 76 dipersentasekan menjadi 67,85% pada pertemuan kedua (P2) dikategorikan baik dengan skor yang diperoleh 82 dipersentasekan menjadi 73,21%. Sementara itu, hasil tes akhir tindakan siklus I menunjukkan dari 24 siswa yang mengikuti tes terdapat 14 siswa yang tuntas dengan ketuntasan belajar klasikal . Hasil observasi aktivitas guru pada siklus II menunjukan bahwa guru pada pertemuan pertama (P1) dikategorikan baik dengan skor yang diperoleh 68 dipersentasekan menjadi 77,27% pada pertemuan kedua (P2) dikategorikan baik sekali dengan skor yang diperoleh 71 dipersentasekan menjadi 80,68%. Sementara itu, hasil tes akhir tindakan siklus II menunjukkan dari 24 siswa yang mengikuti tes 22 siswa yang tuntas dan masih terdapat 2 orang siswa yang belum tuntas dengan ketuntasan belajar klaksikal 91,66 %. Hasil ini menunjukkan bahwa pembelajaran siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan yang telah ditetapkan dengan nilai rata-rata hasil belajar minimal 69 dan ketuntasan belajar klaksikal sudah mencapai indikator keberhasilan minimal 70%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Anti Anti
Date Deposited: 14 Nov 2025 07:06
Last Modified: 14 Nov 2025 07:06
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151715
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item