-, SITI HADIJAH (2017) PERBEDAAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA ANTARA SISWA YANG BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN KONVENSIONAL DI KELAS IX MTsN 1 KOTA PALU. Sarjana thesis, UNTAD.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep
matematika siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif
tipe jigsaw lebih baik daripada pemahaman konsep matematika siswa yang belajar
dengan menggunakan model pembelajaran konvensional di Kelas IX MTs Negeri 1
Kota Palu. Hipotesis penelitian ini adalah pemahaman konsep matematika siswa
yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih
baik daripada pemahaman konsep matematika siswa yang belajar dengan
menggunakan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah eksperimen
semu. Desain penelitian ini adalah pre-post test control design. Populasi penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas IX MTs Negeri 1 Kota Palu dengan teknik
pengambilan sampel cluster random sampling. Hasil analisis data menunjukkan nilai
rata-rata siswa kelas eksperimen 47 dengan standar deviasi 17,04 dan nilai rata-rata
siswa kelas kontrol 40 dengan standar deviasi 13,40. Data yang diperoleh
berdistribusi normal dan homogen, maka pengujian hipotesis menggunakan teknis
statistik parametis yaitu uji t. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa nilai
�tabel = 1,67 dan �hitung = 2,96 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. Data ini
menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan yaitu pemahaman konsep
matematika siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif
tipe jigsaw lebih baik daripada pemahaman konsep matematika siswa yang belajar
dengan menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas IX MTsN 1 Kota
Palu.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika L Pendidikan > Pendidikan Matematika |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | sanintang sani |
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 07:23 |
| Last Modified: | 14 Nov 2025 07:23 |
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151725 |
| Baca Full Text: | Baca Sekarang |

