PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP PEMBELAJARAN IPS Di SMP NEGERI KOTA PALU

-, Taufiq Eka Riandhana (2016) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP PEMBELAJARAN IPS Di SMP NEGERI KOTA PALU. Magister thesis, UNTAD.

Full text not available from this repository.

Abstract

Taufiq Eka Riandhana. 2014. Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru Terhadap Pembelajaran IPS di SMP Negeri Kota Palu. Tesis. Program Studi Pendidikan IPS, Program Pascasarjana Universitas Tadulako. Pembimbing: (1) H. Juraid (2) H. Asep Mahpudz.

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang pengaruh antara (1) kompetensi pedagogik guru terhadap pembelajaran, (2) kompetensi profesional guru terhadap pembelajaran, dan (3) kompetensi pedagogik dan profesional guru terhadap pembelajaran. Hipotesis yang diuji adalah: (1) terdapat pengaruh positif antara kompetensi pedagogik terhadap pembelajaran, (2) terdapat pengaruh positif antara kompetensi profesional terhadap pembelajaran, dan (3) terdapat pengaruh positif secara bersama-sama antara kompetensi pedagogik dan profesional guru terhadap pembelajaran. Metode yang digunakan adalah metode Deskriptif Kuantitatif. Populasi target adalah seluruh guru tersertifikasi di SMP Negeri Kota Palu, sebanyak 116 orang. Jumlah sampel penelitian sebanyak 58 orang dengan menggunakan teknik Proporsional Stratified Random Sampling. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner model skala Likert. Analisis reliabilitas untuk variabel X1, X2 dan Y dihitung dengan rumus Alpha Cronbach, dimana nilai reliabilitas untuk variabel X1 (+) sebesar r = 0,663 dan (-) sebesar r = 0,765, variabel X2 (+) sebesar r = 0,554 dan (-) sebesar r = 0,493,untuk variabel Y (+) sebesar r = 0,714 dan (-) sebesar r = 0,731. Data dianalisis dengan statistik deskriptif. Pengujian normalitas menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov. Hasil pengujian menunjukkan data dari ketiga variabel berdistribusi normal. Pengujian hipotesis pertama dan kedua menggunakan analisis regresi linear sederhana, sedangkan hipotesis ketiga menggunakan analisis regresi linear ganda. Uji keberartian menggunakan uji t dan uji F pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi pedagogik guru terhadap pembelajaran, dengan persamaan regresi linear Ŷ = 23,893 + 0,719X1 dengan presentase signifikansi 38,6% . Kedua, terdapat pengaruh positif dan signifikan kompetensi profesional terhadap pembelajaran dengan persamaan regresi linear Ŷ = 11,032 + 0,954X2 dengan presentase signifikansi 29,2%. Ketiga, terdapat pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama antara kompetensi pedagogik dan profesional guruterhadap pembelajaran, dengan persamaan regresi Ŷ = -1842+0,534X1 + 0,509X2 dengan presentase signifikansi Ŷ = 17,6% (43,8%-38,6%).

Kata kunci: Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Magister)
Subjects: L Pendidikan > L Pendidikan (Umum)
Depositing User: okky anugrah
Date Deposited: 14 Nov 2025 07:41
Last Modified: 14 Nov 2025 07:41
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151730
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item