PROFIL PEMECAHAN MASALAH BANGUN RUANG SISI DATAR OLEH SISWA SMP DITINJAU DARI KECERDASAN VISUAL-SPASIAL

-, NUR’AINI JAFAR (2017) PROFIL PEMECAHAN MASALAH BANGUN RUANG SISI DATAR OLEH SISWA SMP DITINJAU DARI KECERDASAN VISUAL-SPASIAL. Sarjana thesis, UNTAD.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi deskriptif tentang profil
pemecahan masalah bangun ruang sisi datar oleh siswa SMP ditinjau dari
kecerdasan visual-spasial. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 5 Palu. Jenis
penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek pada penelitian ini berjumlah 1
(satu) orang. Subjek dipilih berdasarkan hasil tes kecerdasan majemuk dengan
melihat tingkat kecerdasan visual-spasial yang dominan. Pemecahan masalah pada
penelitian ini mengacu pada langkah-langkah pemecahan masalah Polya. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: (1) Profil memahami masalah subjek yang
memiliki kecerdasan visual-spasial yaitu terlebih dahulu subjek membaca masalah
secara berulang-ulang kemudian menggambarkan pola balok dari masalah yang
diberikan. Subjek sangat mempertimbangkan hal-hal yang diketahui pada masalah
yang diberikan untuk dapat membayangkan sketsa balok yang dimaksud. Subjek
juga dapat menemukan informasi mengenai hal-hal yang diketahui dan
ditanyakan. Subjek dapat memahami kalimat pada masalah yang berikan dengan
menunjukkannya pada gambar pola balok yang telah dibuatnya. (2) Profil
menyusun rencana pemecahan masalah subjek yang memiliki kecerdasan visual�spasial yaitu pertama-tama subjek memperhatikan gambar pola balok untuk
memudahkan dalam menyusun strategi yang akan digunakan dalam memecahkan
masalah. Subjek melihat keterkaitan dari informasi pada masalah yang diberikan
untuk mencari informasi baru yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah.
Subjek menghubungkan dengan materi garis yang telah dipelajari sebelumnya
dalam menyusun rencana pemecahan masalah. Subjek menggunakan rumus
Phytagoras untuk memecahkan masalah. (3) Profil melaksanakan rencana
pemecahan masalah subjek yang memiliki kecerdasan visual-spasial yaitu
subjek menggunakan sketsa balok pada saat melaksanakan rencana pemecahan
masalah. Subjek dapat menemukan informasi baru yang dapat digunakan untuk
memecahakan masalah berdasarkan informasi yang telah diketahui dan
pengetahuan sebelumnya. Subjek menggambarkan segitiga siku-siku untuk dapat
menentukan rumus phytagoras yang digunakan dalam pemecahan masalah.
Subjek dapat mengingat kembali konsep phytagoras untuk memecahkan masalah
dengan menghubungkan antara informasi-informasi yang diperoleh, pengalaman
serta pengetahuan yang telah dipelajari sebelumnya. (4) Profil memeriksa kembali
jawaban subjek yang memiliki kecerdasan visual-spasial melakukannya dengan
cara melihat-lihat serta sesekali menghitung hasil pekerjaannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
L Pendidikan > Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: sanintang sani
Date Deposited: 14 Nov 2025 07:37
Last Modified: 14 Nov 2025 07:37
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151731
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item