PERANAN GURU IPS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 12 PALU

-, RIA ARIYANTI (2017) PERANAN GURU IPS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 12 PALU. Sarjana thesis, UNTAD.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peran guru IPS dan
kendala-kendala apa saja yang dialami guru IPS dalam meningkatkan prestasi
belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 12 Palu. Tujuan untuk mengetahui peran
guru IPS dan mendeskripsikan kendala-kendala yang dialami guru IPS dalam
meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 12 Palu. Dalam
penelitian ini digunakan metode kualitatif deskriptif. Sedangkan teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan
dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di wilayah Kelurahan Layana Indah
Kecamatan Mantikulore khususnya SMP Negeri 12 Palu. Setelah data berhasil
dikumpulkan dan dianalisis secara kualitatif dengan model alur meliputi
komponen reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian
menyimpulkan bahwa peran guru IPS dalam meningkatkan prestasi belajar siswa
kelas VIII dikatakan cukup baik yaitu dengan menjalankan perannya sebagai
pendidik, pengajar, pembimbing, fasilitator, dan evaluator. kendala-kendala yang
dialami guru IPS dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII yaitu
tingkat kecerdasan siswa, minat belajar siswa yang berbeda-beda dan kurangnya
sarana dan prasarana di sekolah seperti media pembelajaran yaitu infokus

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
L Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: sanintang sani
Date Deposited: 14 Nov 2025 07:41
Last Modified: 14 Nov 2025 07:41
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151733
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item