-, Masnun (2015) MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK MENGENAL HURUF ABJAD MELALUI BERMAIN KATA DI KELOMPOK B TK NEGEI PEMBINA PALU UTARA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Masnun. (2014). Meningkatkan Kemampuan Anak Mengenal Huruf Abjad melalui Bermain Kata di Kelompok B TK Negeri Pembina Palu Utara. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Ali Karim, Pembimbing (II), Idris Patekai.
Kata Kunci: Huruf Abjad; Bermain Kata
Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah kemampuan anak mengenal huruf abjad dapat ditingkatkan melalui bermain kata di kelompok B TK Negeri Pembina Palu Utara? Tujuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan anak mengenal huruf abjad melalui bermain kata di kelompok B TK Negeri Pembina Palu Utara.
Desain penelitian mengikuti model alur Kemmis dan Mc.Taggart yang dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus melalui 4 tahap yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Seting penelitian ini dilaksanakan di TK Negeri Pembina Palu Utara. Subyek penelitian adalah anak kelompok B, berjumlah 13 orang, terdiri atas 7 orang laki-laki dan 6 orang perempuan yang terdaftar pada tahun ajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data melalui observasi, pemberian tugas dan dokumentasi. Jenis data adalah data kualitatif yang dianalisis melalui teknik persentase.
Hasil penelitian menunjukkan tindakan siklus I untuk kemampuan menyebutkan huruf secara urut terdapat 23% kategori BSB dan 31% kategori BSH. Menunjukkan huruf secara acak terdapat 23% kategori BSB dan 23% kategori BSH. Membentuk huruf menjadi kata terdapat 23% kategori BSB dan 15% kategori BSH. Menghubungkan kata dengan gambar terdapat 23% kategori BSB dan 23% kategori BSH. Tindakan siklus I untuk kemampuan menyebutkan huruf secara urut terdapat 39% kategori BSB dan 23% kategori BSH. Menunjukkan huruf secara acak terdapat 39% kategori BSB dan 31% kategori BSH. Membentuk huruf menjadi kata terdapat 39% kategori BSB dan 23% kategori BSH. Menghubungkan kata dengan gambar terdapat 39% kategori BSB dan 31% kategori BSH. Secara umum terjadi pada siklus I untuk kategori BSB, BSH, dan MB terdapat 67% meningkat pada siklus II menjadi 85% kategori BSB, BSH, dan MB. Jadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 18%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bermain kata dapat meningkatkan kemampuan anak mengenal huruf di kelompok B TK Negeri Pembina Palu Utara.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini L Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
| Depositing User: | Bayu Anggara Permana |
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 07:45 |
| Last Modified: | 14 Nov 2025 07:45 |
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151735 |
| Baca Full Text: | Baca Sekarang |

