Analisis Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Perubahan Status Desa Ke Kelurahan (Studi Kasus di Kantor Kelurahan Kampal, Kabupaten Parigi Moutong)

Hendra Dwi Putra (2011) Analisis Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Perubahan Status Desa Ke Kelurahan (Studi Kasus di Kantor Kelurahan Kampal, Kabupaten Parigi Moutong). Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan publik setelah perubahan status Desa Kampal menjadi Kelurahan Kampal. Kualitas pelayanan merupakan sesuatu yang kompleks, sehingga untuk menentukan sejauh mana kualitas dari pelayanan, dapat dilihat dari lima dimensi yaitu, Tangibles (Ketampakan Fisik), Reliability (Keandalan), Responsiveness (Daya Tanggap), Assurance (Jaminan) dan Emphaty (Perlakuan). Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan suatu keadaan dari objek penelitian, kemudian dianalisis sesuai dengan data yang dikumpulkan. Penelitian ini dapat menggambarkan kualitas pelayanan publik setelah perubahan status Desa Kampal menjadi Kelurahan Kampal. Kualitas pelayanan publik di Kantor Kelurahan Kampal yang tercermin dalam aspek tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty mempunyai kecendrungan pada tingkat cukup baik. Dilihat dari kemampuan aparat, harus melaksanakan prinsip ‘The right man in the right place’ maka dalam pendelegasian tugas dan wewenang serta pemberian kesempatan kepada pegawai untuk memegang tanggung jawab perorangan harus jauh dari pola pendekatan hubungan pribadi, tetapi lebih ditekankan pada objektifitas kualitas keahlian dan kecakapan individu penerima wewenang. Berkaitan dengan faktor – faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan publik supaya Kantor Kelurahan Kampal menerapkan konsep citizen’s charter dalam upaya meningkatkan posisi tawar pengguna jasa sehingga mampu menyediakan pelayanan yang berkualitas, dengan memberitahukan dan mensosialisasikan hak – hak dan kewajiban – kewajiban baik pemberi maupun pengguna jasa pelayanan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
J Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Library of Congress Subject Areas > J Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Mr Ahmad Zuhri
Date Deposited: 14 Nov 2025 08:03
Last Modified: 14 Nov 2025 08:03
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151745
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item