PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN PADA POKOK BAHASAN LAJU REAKSI DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 DOLO

-, MEGA YUSTISIANA (2014) PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN PADA POKOK BAHASAN LAJU REAKSI DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 DOLO. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mega Yustisiana. 2014. Penggunaan Metode Eksperimen pada Pokok Bahasan Laju Reaksi di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Dolo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan P.MIPA FKIP Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Sri Mulyani. (II) Ratman

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas siswa dalam pembelajaran kimia khususnya di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Dolo sehingga hasil belajar kimia siswa juga rendah. Berdasarkan hal tersebut untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam proses belajar perlu dilakukan dengan menambah variasi model pembelajaran yang melibatkan siswa secara langsung, aktif, dan kreatif. Salah satu alternatif yang dilakukan adalah menerapkan metode eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan peningkatan hasil belajar melalui metode eksperimen kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Dolo. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Dolo tahun ajaran 2013/2014. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang ditentukan secara purposive sampling yaitu kelas XI IPA 1 sebanyak 28 siswa sebagai kelas eksperimen (menggunakan metode eksperimen) dan kelas XI IPA 3 sebanyak 28 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa tes hasil belajar kimia siswa yang telah diuji validitas tes, reliabilitas tes, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Hasil penelitian diperoleh hasil belajar siswa yang mengikuti metode eksperimen dengan skor rata-rata 70,92 sedangkan hasil belajar siswa yang tidak mengikuti metode eksperimen dengan skor rata-rata 63,21. Berdasarkan uji statistik yaitu uji “t” pihak kanan diperoleh hasil thitung = 8,33 dan ttabel = 1,64 pada taraf signifikan α = 0,05 dan dk = 54. Berdasarkan analisis uji-t dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Dolo pada pokok bahasan laju reaksi.

Kata Kunci : Metode Eksperimen, Hasil Belajar, Laju Reaksi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
L Pendidikan > Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Bayu Anggara Permana
Date Deposited: 14 Nov 2025 08:28
Last Modified: 14 Nov 2025 08:28
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151756
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item