-, ANIZA (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN DI KELAS VII TULIP SMP NEGERI 14 PALU. Sarjana thesis, UNTAD.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan penelitian ini ialah untuk memperoleh deskripsi penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) yang dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perbandingan di kelas VII Tulip SMP
Negeri 14 Palu. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengacu pada
desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart, yakni perencanaan, pelaksanaan
tindakan, observasi dan refleksi. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini berupa
data hasil aktivitas guru dan siswa selama pelaksanaan pembelajaran dengan
menggunakan lembar observasi, data hasil wawancara dengan beberapa siswa yang
dijadikan sebagai informan, data hasil catatan lapangan dan data hasil tes akhir
tindakan. Pada penelitian yang telah dilaksanakan, diperoleh bahwa hasil belajar
siswa kelas VII Tulip SMP Negeri 14 Palu mengalami peningkatan. Berdasarkan
hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif
tipe Numbered Heads Together (NHT) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa
pada materi perbandingan di kelas VII Tulip SMP Negeri 14 Palu yaitu dengan
mengikuti fase-fase sebagai berikut: 1) Fase penyampaian tujuan dan pemotivasian
siswa, guru menyampaikan tujuan pembelajaran secara lisan dan memotivasi siswa
untuk bersemangat dan terlibat aktif dalam pembelajaran. 2) Fase penyajian
informasi, guru mendeskripsikan secara singkat tentang fase-fase model
pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) yang akan diterapkan
dalam pembelajaran. 3) Fase pengorganisasian kelompok belajar dan penomoran,
siswa dikelompokkan dalam 5 kelompok belajar dan setiap anggota kelompok diberi
nomor yaitu 1-5. 4) Fase pengajuan pertanyaan atau permasalahan, guru
membagikan LKPD pada masing-masing kelompok. 5) Fase berpikir bersama, siswa
diminta untuk mengerjakan LKPD dan berdiskusi bersama untuk memperoleh
jawaban yang tepat. Kegiatan diskusi yang berlangsung dikontrol dan diberikan
bantuan yang terbatas bagi siswa yang mengalami kesulitan dalam kelompoknya. 6)
Fase pemberian jawaban, siswa yang nomornya diperoleh dari hasil undian
mengacungkan tangan dan maju mempresentasikan hasil kerja kelompoknya. 7) Fase
pemberian penghargaan, guru memberikan penghargaan kepada kelompok dalam
bentuk tepuk tangan dan pujian.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika L Pendidikan > Pendidikan Matematika |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | sanintang sani |
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 08:20 |
| Last Modified: | 14 Nov 2025 08:20 |
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151757 |
| Baca Full Text: | Baca Sekarang |

