PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT DI KELAS VII MTs NEGERI MODEL PALU

-, NURUL FITRIYAH (2017) PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT DI KELAS VII MTs NEGERI MODEL PALU. Sarjana thesis, UNTAD.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalahan utama pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar
siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Tujuan
penelitian ini yaitu untuk memperoleh deskripsi mengenai penerapan metode
penemuan terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VII MTs
Negeri Model Palu pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengacu pada desain
penelitian oleh Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas
VIII A yang berjumlah 39 siswa terdiri dari 23 siswa laki-laki dan 16 siswa
perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang setiap siklusnya terdiri
dari empat komponen yaitu: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan, 3)
observasi, dan 4) refleksi. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi,
tes tertulis, wawancara dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa penerapan metode penemuan terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar
siswa kelas VII MTs Negeri Model Palu pada materi penjumlahan dan
pengurangan bilangan bulat, melalui beberapa langkah : 1) perumusan masalah, 2)
pemprosesan data, 3) penyusunan dugaan sementara, 4) Pemeriksaan dugaan
sementara, 5) penarikan kesimpulan, dan 6) penerapan konsep. Hasil tes akhir
tindakan siklus I menunjukkan bahwa 28 siswa memperoleh nilai di atas kriteria
ketuntasan minimal sehingga ketuntasan belajar klasikal siswa hanya mencapai
75,67% dan hasil tes akhir tindakan siklus II menunjukkan bahwa 35 siswa
memperoleh nilai di atas kriteria ketuntasan minimal sehingga ketuntasan belajar
klasikal siswa mencapai 92,10%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
L Pendidikan > Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: sanintang sani
Date Deposited: 14 Nov 2025 08:24
Last Modified: 14 Nov 2025 08:24
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151759
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item