-, NURUL JANNAH (2017) PENGARUH LAYANAN INFORMASI DAMPAK NEGATIF PELANGGARAN DISIPLIN DISERTAI MEDIA X-BANNER TERHADAP PERILAKU DISIPLIN SISWA DI SMP NEGERI 8 PALU. Sarjana thesis, UNIVERSITAS TADULAKO.
Full text not available from this repository.Abstract
Nurul Jannah, 2017. Pengaruh Layanan Informasi Dampak Negatif Pelanggaran Disiplin Disertai Media X-Banner Terhadap Perilaku Disiplin Siswa Di SMP Negeri 8 Palu. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Muh Mansyur Thalib, Pembimbing (II) Ridwan Syahran.
Kata Kunci : Dampak Negatif Pelanggaran Disiplin, Media X-Banner, Perilaku Disiplin.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan siswa yang sering kali melakukan pelanggaran disiplin di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perilaku disiplin siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi dampak negatif pelanggaran disiplin disertai media X-Banner serta untuk menjelaskan pengaruh positif pemanfaatan media X-Banner dalam pelaksanaan layanan informasi dampak negatif pelanggaran disiplin untuk meningkatkan perilaku disiplin siswa. Subjek penelitian ini berjumlah 15 orang yang sering melakukan pelanggaran disiplin di sekolah. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah pedoman wawancara. Data diolah dan dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan menggunakan teknik statistik yaitu uji t (satu ekor) pada taraf signifikan 95%. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa sebelum diberikan layanan informasi dampak negatif pelanggaran disiplin disertai media X-Banner, terdapat 86,67% siswa yang memiliki perilaku disiplin yang sangat rendah dan 13,33% siswa yang memiliki perilaku disiplin yang rendah. Sesudah diberikan layanan informasi dampak negatif pelanggaran disiplin disertai media X-Banner, terjadi peningkatan perilaku disiplin antara lain terdapat 73,34% siswa yang memiliki perilaku disiplin yang sangat rendah, 13,33% yang siswa memiliki perilaku disiplin yang rendah, dan 13,33% siswa yang memiliki perilaku disiplin yang sedang. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel atau 2,73 > 1,76. Hal ini menunjukkan bahwa pemberian layanan informasi dampak negatif pelanggaran disiplin disertai media X-Banner berpengaruh positif terhadap peningkatan perilaku disiplin siswa.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling L Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
| Depositing User: | Anti Anti |
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 08:32 |
| Last Modified: | 14 Nov 2025 08:32 |
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151764 |
| Baca Full Text: | Baca Sekarang |

