MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 1 BIROMARU DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI

-, Fitri Purnawati (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 1 BIROMARU DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI. Sarjana thesis, UNTAD.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Peneliti
memperoleh informasi sebagai berikut sebagai berikut: (1) Guru mengajarkan
mata pelajaran IPS, kurang melibatkan siswa secara aktif dalam interaksi belajar,
sehingga siswa kurang termotivasi, (2) Guru melaksanakan pembelajaran
kebanyakan ceramah tanpa membimbing bagaimana cara berdiskusi dan bertukar
pikiran dalam memecahkan masalah. (3) Guru kurang membimbing
mengembangkan dan mengenal konsep mata pelajaran IPS, sehingga bimbingan
guru tersebut siswa dapat membangun pemikirannya untuk menemukan konsep
pada mata pelajaran IPS lebih rinci dan mudah untuk dipahami. (4) Guru juga
mengajarkan IPS tidak memberikan keterhubungan antara materi dengan
fenomena yang ada di lingkungan sekitar siswa. Tujuan penelitian untuk
peningkatkan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan
kelas. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, tiap siklus terdiri dari perencanaan,
pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian siswa Kelas IV
SDN 1 Biromaru berjumlah 25 siswa, terdiri dari 14 laki-laki dan 11 perempuan.
Hasil kegiatan siswa siklus I, aktivitas siswa dalam pembelajaran masih dalam
kategori cukup, sehingga pada siklus I pertemuan I diperoleh jumlah skor sebesar
28 dengan skor maksimal 44 dengan persentase yang diperoleh 63,63%, dan
pertemuan kedua skor tercapai 34 dari skor maksimal 44 dengan persentase
sebesar 77,27%. hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Biromaru pada tindakan
siklus I diperoleh skor tertinggi 75 dan skor terendah 35 dari jumlah siswa 25
siswa yang mengikuti tes, dimana terdapat 13 siswa yang tuntas serta 12 siswa
yang dinyatakan belum tuntas dengan persentase ketuntasan belajar klasikal 52%
dan persentase daya serap klasikal 63,12%, kemudian hasil belajar siswa kelas IV
SDN 1 Biromaru pada siklus II diperoleh skor tertinggi 85 dan skor terendah 55
dari jumlah siswa 25 siswa yang mengikuti tes, dimana terdapat 22 siswa yang
tuntas serta 3 siswa yang dinyatakan belum tuntas dengan persentase ketuntasan
belajar klasikal 88% dan persentase daya serap klasikal 72,91%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sanintang sani
Date Deposited: 14 Nov 2025 08:38
Last Modified: 14 Nov 2025 08:38
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151768
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item