PROFESIONALISME GURU DALAM MENGATASI FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PKN DI SMP NEGERI 12 SIGI

-, HERDIANSYAH (2017) PROFESIONALISME GURU DALAM MENGATASI FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PKN DI SMP NEGERI 12 SIGI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS TADULAKO.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana profesionalisme guru dalam mengatasi faktor-faktor kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri 12 Sigi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profesionalisme guru dalam mengatasi faktor-faktor kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri 12 Sigi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan menggunakan metode studi kasus. Subyek penelitian ini adalah guru PKn dan siswa di SMP Negeri 12 Sigi. Informan yang ditetapkan yakni kepala sekolah, guru PKn dan responden 30 orang siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan angket. Analisis data angket menggunakan persentase, dan wawancara menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian di SMP Negeri 12 Sigi menunjukan bahwa guru PKn di SMP Negeri 12 Sigi telah memenuhi prinsip profesionalisme guru dalam mengatasi faktor-faktor kesulitan belajar siswa terlihat dari kompetensi yang dimiliki oleh setiap guru PKn yaitu kompetensi Pedagogik dan profesional. Hal itu dapat dilihat dari hasil rata-rata angket mengenai kompetensi pedagogik guru sebesar 87,4% dan dan rata-rata hasil angket mengenai kompetensi profesional guru sebesar 85,8%. Setiap guru memiliki cara untuk mengatasi faktor kesulitan belajar yang dialami siswa baik faktor internal maupun eksternal yaitu dengan cara menyuruh siswa membuat catatan, membuat soal-soal khusus untuk siswa yang sulit belajar, mengaitkan materi dengan hal yang berkembang di masyarakat umum, memberikan perhatian khusus kepada siswa yang mengalami kesulitan belajar. Guru masih mempunyai kendala penunjang pembelajaran yaitu kurangnya buku paket PKn untuk setiap siswa dan media penunjang seperti infocus.

Kata Kunci : Profesionalisme guru, faktor kesulitan belajar, pendidikan kewarganegaraan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan
L Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan
Depositing User: Anti Anti
Date Deposited: 14 Nov 2025 08:41
Last Modified: 14 Nov 2025 08:41
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151770
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item