MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS III PADA PELAJARAN IPS MELALUI TEKHNIK PENGENALAN LINGKUNGAN DI SDN INTI DUSUNAN KECAMATAN TINOMBO KABUPATEN PARIGI MOUTONG

-, NURMAWATI (2013) MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS III PADA PELAJARAN IPS MELALUI TEKHNIK PENGENALAN LINGKUNGAN DI SDN INTI DUSUNAN KECAMATAN TINOMBO KABUPATEN PARIGI MOUTONG. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nurmawati, 2013. ”Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas III Pada Pelajaran IPS Melalui Tekhnik Pengenalan Lingkungan di SDN Inti Dusunan Kecamatan Tinombo Kabupaten Parigi Moutong”. Program Studi PGSD,Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Tadulako. Pembimbing: (I) Jamaludin, (II) Yusdin Gagaramusu

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan siswa kelas III SDN Inti Dusunan untuk memahami pelajaran IPS melalui tekhnik pengenalan lingkungan. Rumusan masalah penelitian adalah Apakah dengan menggunakan tekhnik pengenalan lingkungan dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas III SDN Inti Dusunan pada pelajaran IPS Kec.Tinombo kab.Parigi Moutong .Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa pada pembelajaran IPS melalui tekhnik pengenalan lingkungan. Bentuk penelitian ini adalah PTK dengan subyek penelitian 23 siswa ( 10 Laki-laki dan 13 Perempuan) kelas III SDN Inti Dusunan. Rancangan penelitian mengikuti alur yang di kembangkan oleh Kemmis dan Mc.taggart melalui dua siklus dan setiap siklus memiliki tahapan perencanaan, pelaksanaan, tindakan, dan observasi . Prosedur pengumpulan data melalui tes, observasi, dan pencatatan lapangan. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa pada tes materi pra syarat pelajaran IPS, kemampuan siswa rendah dengan ketuntasan klasikal 34,78% dan nilai rata-rata 5,3 kemudian pada siklus I ketuntasan klasikal 73,9%, nilai rata-rata siswa 6,91,dan pada siklus II ketuntasan klasikalnya 86,95% dengan nilai rata-rataa 8,04, kemudian aktivitas guru siklus I adalah 80,0% (baik) dan siklus II 91,67 % (sangat baik) sedang aktivitas siswa siklus I 72,22% (cukup) dan siklus II 88,89% (baik). Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa penggunaan tekhnik pengenalan lingkungan pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan meningkatkan kemampuan siswa kelas III SDN Inti Dusunan tahun pelajaran 2012/2013

Kata Kunci : Kemampuan siswa, Pembelajaran IPS, Tekhnik pengenalan Lingkungan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Bayu Anggara Permana
Date Deposited: 17 Nov 2025 00:54
Last Modified: 17 Nov 2025 00:54
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151777
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item