SURVEI MINAT SISWA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH TOAYA. KECAMATAN SINDUE

-, ADRIAN (2013) SURVEI MINAT SISWA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH TOAYA. KECAMATAN SINDUE. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Adrian 2013, Survey Minat Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Toaya Kecamatan Sindue. Skripsi, Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Marungkil Pasaribu, (II) Usman Appe.

Kata Kunci : Minat Siswa, Penjas Orkes
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan minat siswa dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Jasmani di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Toaya. Subjeknya adalah siswa kelas X, XI dan XII yang berjumlah 57 orang yang terdiri dari 29 orang laki-laki dan 28 orang perempuan. Penelitian ini menggunakan instrumen utama berupa kuesioner yang berjumlah 30 item, yang mengukur empat aspek yakni aspek sikap, keinginn, ketekunan dan dorongan. Hasil survey menunjukkan bahwa minat siswa berdasarkan jenis kelamin adalah berkategori sedang, dengan perolehan skor rata-rata diatas 80%. Aspek sikap pada siswa pria sebesar 83% dan wanita 82%, aspek keinginan, pria sebesar 84% dan wanita 81%, aspek ketekunan, pria sebesar 77% dan wanita 83%, aspek dorongan, pria sebesar 80% dan wanita 77%. Minat siswa berdasarkan jenjang kelas adalah berkategori sedang, dengan perolehan skor rata-rata diatas 80%. Aspek sikap pada siswa kelas X sebesar 83%, kelas XI 82% dan kelas XII 82%, aspek keinginan, kelas X sebesar 83%, kelas XI 83% dan kelas XII 83%, aspek ketekunan, kelas X sebesar 81%, kelas XI 79% dan kelas XII 77%, aspek dorongan, kelas X sebesar 78%, kelas XI 80% dan kelas XII 77%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa minat siswa Madrasah Aliyah Muhammadiyah Toaya Kecamatan Sindue sacara keseluruhan berkategori sedang, untuk itu disarankan agar guru pendidikan jasmani lebih kreatif dan inovatif dalam memberikan pelajaran, mau menambah wawasan, dan lebih profesional serta tegas dan disiplin, sehingga dapat menghasilkan siswa yang bermutu dan menghasilkan prestasi bagi sekolah, kemudian perlu adanya dorongan bagi siswa baik dari orang tua maupun pihak sekolah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
L Pendidikan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Bayu Anggara Permana
Date Deposited: 17 Nov 2025 02:15
Last Modified: 17 Nov 2025 02:15
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151782
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item