-, Minarni (2015) MENINGKATKAN MORAL ANAK MELALUI METODE BERCERITA DI KELOMPOK B TK SINGGANI UJUNA 2 PALU BARAT. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Minarni (2015), Meningkatkan Moral Anak melalui Metode Bercerita di Kelompok B TK Singgani Ujuna 2 Palu Barat. Skripsi, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing (I) Muraeni Mursanib dan pembimbing (II) Shofiyanti Nur Zuama.
Masalah dalam penelitian ini moral anak belum berkembang dengan baik. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan moral anak. Subject penelitian ini anak didik di kelompok B TK Singgani Ujuna 2 Palu Barat berjumlah 20 anak terdaftar pada tahun pelajaran 2014/2015. Data dikumpulkan melalui lembar observasi, dokumentasi, dan pemberian tugas. Hasil penelitian siklus I, aspek menghormati guru terdapat 5 anak (25%) kategori Berkembang Sangat Baik, 6 anak (30%) kategori Berkembang Sesuai Harapan, 6 anak (30%) di kategori Mulai Berkembang, dan 3 anak (15%) berada dikategori Belum Berkembang. Aspek menghargai orang lain kategori Berkembang Sangat Baik 5 anak (25%), Berkembang Sesuai Harapan 7 anak (35%), Mulai Berkembang 4 anak (20%), dan 4 anak (20%) berada di ketegori Belum Berkembang. Aspek sopan santun, kategori Berkembang Sangat Baik 4 anak (20%), kategori Berkembang Sesuai Harapan 6 anak (30%), kategori Mulai Berkembang 4 anak (20%), dan 6 anak (30%) di kategori Belum Berkembang. Siklus II sikap menghormati guru terdapat 6 anak (30%) berada pada kategori Berkembang Sangat Baik, 8 anak (40%) di kategori Berkembang Sesuai Harapan, 4 anak (20%) dikategori Mulai Berkembang, dan 2 anak (10%), berada dikategori Belum Berkembang. Aspek menghargai orang lain kategori Berkembang Sangat Baik 7 anak (35%), kategori Berkembang Sesuai Harapan 8 anak (40%), Mulai Berkembang 3 anak (15%) dan Belum Berkembang 2 anak (10%). Aspek sopan santun kategori Berkembang Sangat Baik 5 anak (25%), kategori Berkembang Sesuai Harapan 7 anak (35%), kategori Mulai Berkembang 5 anak (25%) dan 3 anak (15%) di kategori Belum Berkembang. Peningkatan moral anak dari siklus I ke siklus II dari tiga aspek yang diamati kategori Berkembang Sangat Baik meningkat 10%, kategori Berkembang Sesuai Harapan meningkat 11,6%, kategori Mulai Berkembang meningkat 10% dan kategori Belum Berkembang 3,9%.
Kata Kunci: Moral, Metode Bercerita
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini L Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
| Depositing User: | Bayu Anggara Permana |
| Date Deposited: | 17 Nov 2025 02:58 |
| Last Modified: | 17 Nov 2025 02:58 |
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151790 |
| Baca Full Text: | Baca Sekarang |

