PENERAPAN METODE BERCERITA DENGAN GAMBAR TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK DI KELOMPOK B PAUD KT WARA PANTOLOAN KECAMATAN TAWAELI

-, DAMAYANTI (2019) PENERAPAN METODE BERCERITA DENGAN GAMBAR TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK DI KELOMPOK B PAUD KT WARA PANTOLOAN KECAMATAN TAWAELI. Sarjana thesis, UNTAD.

Full text not available from this repository.

Abstract

Damayanti.(2019). Penerapan Metode Bercerita Dengan Gambar Terhadap Perkembangan
Bahasa Anak Di Kelompok B PAUD KT Wara Pantoloan Kecamatan Tawaeli. Skripsi
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurusan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) I Putu
Suwika (2) Aminah.
Permasalahan dalam tulisan ini adalah perkembangan bahasa anak yang belum
sesuai dengan harapan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
Penerapan Metode Bercerita dengan Gambar Terhadap Perkembangan Bahasa Anak. Metode
Penelitian ini adalah Kualitatif Deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kelompok B PAUD
KT Wara Pantoloan, yang berjumlah 12 anak. Teknik pengumpulan data melalui observasi,
dokumentasi dan wawancara. Selanjutnya diolah dengan teknik persentase. Sebelum
diterapkan Metode Bercerita dengan Gambar terhadap Perkembangan Bahasa, data
menunjukkan bahwa pada aspek menceritakan gambar terdapat (0% )anak kategori BSB,
(8,33%) anak pada kategori BSH, (16,67%) anak pada kategori MB dan (75%) anak pada
kategori BB. Aspek mengajukan pertanyaan terdapat (8,33%) anak pada kategori
BSB,(8,33%) anak pada kategori BSH, (16,67%) anak pada kategori MB dan (66,67%)
anak pada kategori BB. Aspek menjawab pertanyaan terdapat (8,33%) anak pada kategori
BSB,(8,33%) anak pada kategori BSH, (16,67%) anak pada kategori MB dan (66,67%) anak
pada kategori BB. Setelah penerapan metode bercerita dengan gambar terjadi peningkatan,
aspek menceritakan gambar (33,33%) anak pada kategori BSB,(25%) anak pada kategori
BSH, (16,67%) anak pada kategori MB dan (25%) anak pada kategori BB. Aspek
mengajukan pertanyaan (41,67%) anak pada kategori BSB, (25%) anak pada kategori BSH,
(25%) anak pada kategori MB dan (8,33%) anak pada kategori BB. Aspek menjawab
pertanyaan (41,67%) anak pada kategori BSB, (25%) anak pada kategori BSH, (25%) anak
pada kategori MB dan (8,33%) anak pada kategori BB. Berdasarkan hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa ada pengaruh metode bercerita dengan gambar terhadap perkembangan
bahasa anak.
Kata Kunci: Metode Bercerita dengan gambar, Perkembangan Bahasa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
L Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: okky anugrah
Date Deposited: 17 Nov 2025 04:40
Last Modified: 17 Nov 2025 04:40
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151801
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item