STUDY ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGI GURU KELAS IV SDN TINOMBALA KECAMATAN ONGKA MALINO KABUPATEN PARIGI MOUTONG

-, ABDUL RAHMAN (2019) STUDY ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGI GURU KELAS IV SDN TINOMBALA KECAMATAN ONGKA MALINO KABUPATEN PARIGI MOUTONG. Sarjana thesis, UNTAD.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abdul Rahman, 2019. Analisis Kompetensi Pedagogik Guru dalam proses
pembelajaran di kelas IV SDN Tinombala Kecamatan Ongka Malino Kabupaten
Parigi Moutong. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan
Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Rizal
Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah
kompetensi pedagogik guru dalam proses pembelajaran di kelas IV SDN
Tinombala Kecamatan Ongka Malino Kabupaten Parigi Moutong. Sehubungan
dengan penelitian tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kompetensi
Pedagogik Guru Kelas IV SDN Tinombala Kecamatan Ongka Malino Kabupaten
Parigi Moutong. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru Kelas IV SDN
Tinombala Kecamatan Ongka Malino, Kabupaten Parigi Moutong. Jenis
penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kasus.
Informasi penelitian ini adalah kepalah sekolah, guru kelas iv. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumen.
Data dianalisis melalui langkah- langkah pengumpulan data, penyajian, redaksi
data, dan penerikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan
dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan
pemahaman kompetensi pedagogik guru berupa karakteristik peserta didik,
penyususnan RPP, evaluasidan penelitian, teori belajar, pemahaman akademik
peserta didik dalam pembelajaran. Pelaksanaan kompetensi pedagogik dalam
proses pembelajaran berupa pengamatan dan pendekatan kepada peserta didik,
mengembangkan perangkat pembelajaran di awal tahun pelajaran, menggunakan
strategi membuat diskusi tutor sebaya, pendekatan lingkungan dalam pembelajarn
menggunakan media dalam proses pembelajaran, Teknologi dan Informasi dan
komunikasi untuk pembelajaran, melakukan penilaian berupa tes tertulis, tes lisan
, tes perbuatan, dan portofolio, kompetensi pedagogik di kelas IV SDN Tinombala
dikategorikan baik meskipun ada beberapa komponen indikator kompetensi
pedagogik yang belum sesuai dengan proses pembelajaran. Dengan demikian
penelitian ini dapat disimpulkan bahwa guru telah memahami kompetensi
pedagogik dalam proses pembelajarn di SDN Tinombala Kecamatan Ongka
Malino Kabupaten Parigi Moutong.
Kata kunci : Study Analisis Kompetensi Pedagogik Guru

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: okky anugrah
Date Deposited: 17 Nov 2025 04:55
Last Modified: 17 Nov 2025 04:55
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151805
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item