-, UNIKA ZAHRA (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV DI SD INPRES 1 TADA. Sarjana thesis, UNTAD.
Full text not available from this repository.Abstract
Unika Zahra, 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV di SD
Inpres 1 Tada. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan
Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako.
Pembimbing: Arif Firmansyah.
Rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas IV dapat dikatakan rendah, dari 27
jumlah siswa, hanya 10 orang siswa mendapatkan nilai di atas 65% atau dengan
rata-rata persentase mencapai 33,33% pada ketuntasan belajar klasikal dan pada
daya serap individu hanya mencapai persentase nilai rata-rata 57,33%, tentunya
hal ini tidak mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) siswa, yaitu 65%
dan ketuntasan belajar klasikal 85%. Tujuan penelitian adalah untuk
meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Inpres 1 Tada. Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus
dan berakhir pada siklus II karena dinyatakan telah berhasil, dimana tiap siklus
terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek
penelitian siswa kelas IV SD Inpres 1 Tada berjumlah 27 siswa. observasi siswa
siklus 1 pertemuan 1 dikategorikan cukup karena presentasenya hanya mencapai
68,75%. pada siklus II menunjukkan adanya peningkatan persentase KBK sebesar
85,18% dengan siswa yang tuntas berjumalah 23 siswa dari 27 siswa.
Kata Kunci: Penerapan model kooperatif tipe STAD. Hasil Belajar IPS.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | okky anugrah |
| Date Deposited: | 17 Nov 2025 05:02 |
| Last Modified: | 17 Nov 2025 05:02 |
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151808 |
| Baca Full Text: | Baca Sekarang |

