PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III SDN 27 PALU

-, YOSUA WILLIAM TRIUTAMA (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III SDN 27 PALU. Sarjana thesis, UNTAD.

Full text not available from this repository.

Abstract

Yosua William Triutama 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
Group Investigation Berbantuan Media Animasi Untuk Meningkatkan Hasil
Belajar IPA Siswa Kelas III SDN 27 Palu. Skripsi Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Tadulako, Dosen Pembimbing Abdul Rahman.
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar pada mata
pelajaran IPA kelas III SDN 27 Palu. Tujuan penelitian ini yaitu untuk
meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan
model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbantuan media animasi
di kelas III SDN 27 Palu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III yang
berjumlah 33 orang yang terdiri dari 16 orang laki-laki dan 17 orang perempuan
yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan desain
penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklus
dilaksanakan dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan
refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tes awal nilai rata-rata siswa
65,15 dan ketuntasan belajar klasikal 30,30%. Hasil penelitian, aktivitas guru
siklus I berada pada kategori kurang dengan presentase 75% kemudian meningkat
pada siklus II menjadi 91,66% atau berada pada kategori sangat baik. Aktivitas
siswa pada siklus I berada pada kategori kurang dengan presentase 69,58%
kemudian meningkat pada siklus II menjadi 87,91% atau berada pada kategori
baik. Hasil tes tindakan siklus I menunjukan nilai rata-rata siswa 69,58 dan
ketuntasan belajar klasikal 57,57%. Hasil tes tindakan siklus II menunjukan nilai
rata-rata siswa 81,96 dan ketuntasan belajar klasikal 90,90%. Dengan demikian,
dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe group
investigation berbantuan media animasi dapat meningkatkan hasil belajar IPA
siswa kelas III SDN 27 Palu.
Kata kunci : Hasil Belajar, IPA, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group
Investigation, Media Animasi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: okky anugrah
Date Deposited: 17 Nov 2025 05:12
Last Modified: 17 Nov 2025 05:12
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151810
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item